Sore: Istri dari Masa Depan Tunjukkan Kualitas Tinggi Produksi Film Lokal
Lifestyle Nur Aini Rasyid Lifestyle Nur Aini Rasyid

Sore: Istri dari Masa Depan Tunjukkan Kualitas Tinggi Produksi Film Lokal

Film Sore: Istri dari Masa Depan menjadi salah satu contoh nyata bagaimana film layar lebar Indonesia dapat menghadirkan kisah romansa bertema ‘time travelling’ yang segar dengan balutan kualitas produksi tinggi, mulai dari keterlibatan sineas lokal itu sendiri, aktor internasional, hingga musisi dan seniman lintas bidang yang sama-sama mempunyai visi untuk menyampaikan makna cinta dan penerimaan tanpa syarat dari seseorang lewat film.

Read More
Produk Lokal “Dilokalin”, Apakah Dupe Culture Sudah Kebablasan?
Geometry Insights Aradi Ghalizha Geometry Insights Aradi Ghalizha

Produk Lokal “Dilokalin”, Apakah Dupe Culture Sudah Kebablasan?

Beberapa waktu lalu sebuah unggahan TikTok dari akun @_marcoraven ramai diperbincangkan setelah membahas isu brand pakaian KAHA yang dianggap membuat dupe (tiruan) produk Rumer Shirt dari Drunk Dad and Friends. Di tengah fenomena brand lokal yang kerap “melokalkan” produk luar, kini muncul polemik baru: brand lokal yang justru meniru brand lokal lainnya—menciptakan produk serupa dengan harga lebih murah.

Read More
Dengan Kembalinya Keluarga Cemara, Teater Musikal Terus Menjadi Tempat Bonding Untuk Keluarga
Lifestyle Aradi Ghalizha Lifestyle Aradi Ghalizha

Dengan Kembalinya Keluarga Cemara, Teater Musikal Terus Menjadi Tempat Bonding Untuk Keluarga

Pada 20 Juni lalu, pentas perdana Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara 2025 resmi digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Mengangkat kembali karya legendaris Arswendo Atmowiloto setelah kesuksesan tahun lalu, musikal ini disutradarai oleh Pasha Prakarsa dengan skenario yang ditulis oleh Yemima Krisantina dan Widya Arifianti. Tayang hingga 13 Juli mendatang, pertunjukan ini akan dipentaskan sebanyak 30 kali.

Read More
Decoding Gen Z: kalau bisa lowercase, kenapa harus kapital?
Decoding Gen Z, Ideas Primo Rizky Decoding Gen Z, Ideas Primo Rizky

Decoding Gen Z: kalau bisa lowercase, kenapa harus kapital?

Bagi Gen Z, tidak menekan tombol "shift" saat mengetik bukan berarti mereka malas atau asal-asalan. Justru sebaliknya—itu adalah pilihan sadar. Di tengah dunia digital yang serba cepat dan penuh tekanan untuk tampil sempurna, mereka memilih huruf kecil sebagai bentuk ekspresi diri yang lebih jujur, intim, dan rendah hati. Fenomena ini bukan cuma perkara estetika, tapi pernyataan sikap terhadap cara mereka memandang komunikasi, identitas, dan struktur kekuasaan.

Read More
Kolaborasi Fuguku dan 2 Mai Hasilkan The Shell Bag
Lifestyle Nur Aini Rasyid Lifestyle Nur Aini Rasyid

Kolaborasi Fuguku dan 2 Mai Hasilkan The Shell Bag

Jika biasanya tas konvensional diproduksi dari bahan sintetis yang dapat menimbulkan emisi karbon dan limbah industri baru, dua brand fashion asal Prancis dan Indonesia, yakni 2 Mai dan Fuguku, malah justru bekerja sama untuk menciptakan sebuah tas kekinian dari bahan daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

Read More
Konten Kreasi Matcha Aneh Merajalela, Bukti Budaya Kuliner Kreatif Kita atau Mulai Berlebihan?
Geometry Insights Aradi Ghalizha Geometry Insights Aradi Ghalizha

Konten Kreasi Matcha Aneh Merajalela, Bukti Budaya Kuliner Kreatif Kita atau Mulai Berlebihan?

Baru-baru ini beredar video-video yang menunjukkan netizen bereksperimen dengan matcha, teh hijau tradisional dari Jepang yang kini semakin populer. Berawal dari kreasi yang mencoba melokalkan—seperti minuman, dessert, dan kue-kue khas seperti martabak—kini demi viralitas, muncul sajian seperti matcha dijadikan kuah mi, bahkan disantap bersama nasi dan lauk lele goreng.

Read More
Tenue de Attire Rilis Koleksi Pakaian Sehari-Hari
Lifestyle Primo Rizky Lifestyle Primo Rizky

Tenue de Attire Rilis Koleksi Pakaian Sehari-Hari

Brand fashion lokal Tenue de Attire resmi meluncurkan koleksi terbarunya yang diberi nama Everyday Collection pada 15 Juni 2025. Koleksi ini terdiri dari tiga produk utama: Crema Shirt, Everyday Basic Tee, dan Everyday Graphic Tee yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari dengan desain minimalis dan harga terjangkau.

Read More
Kiprah JAFF Market dan Gelombang Baru Kerja Sama Internasional
Lifestyle Nur Aini Rasyid Lifestyle Nur Aini Rasyid

Kiprah JAFF Market dan Gelombang Baru Kerja Sama Internasional

Di tengah lonjakan produksi film dan antusias penonton pasca pandemi, bentuk kerja sama dalam skala internasional pun semakin terasa nyata oleh anak bangsa. Mulai dari pembelian hak eksklusif dan distribusi lintas negara, hingga kehadiran film Indonesia di berbagai festival bergengsi berskala internasional. Hal ini tentunya menjadi bukti nyata bahwa sinema nasional tengah memperluas jejaring globalnya.

Read More
Wajah Baru Indonesia Kaya, Upaya Mendekatkan Tradisi dan Budaya ke Generasi Visual
Geometry Insights Aradi Ghalizha Geometry Insights Aradi Ghalizha

Wajah Baru Indonesia Kaya, Upaya Mendekatkan Tradisi dan Budaya ke Generasi Visual

Indonesia Kaya, sebuah inisiatif budaya yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, resmi memperkenalkan wajah baru mereka, sebuah identitas visual yang dirancang oleh desainer grafis kenamaan Indonesia, Evan Wijaya. Pembaruan ini tidak hanya mencakup Indonesia Kaya sebagai entitas utama, tetapi juga seluruh program dalam ekosistemnya: Galeri Indonesia Kaya (GIK), Taman Indonesia Kaya (TIK), dan Rumah Budaya Indonesia Kaya (RuBIK).

Read More
Setelah Blok M, Di Mana Hotspot Budaya Jakarta Selanjutnya?
Geometry Insights Primo Rizky Geometry Insights Primo Rizky

Setelah Blok M, Di Mana Hotspot Budaya Jakarta Selanjutnya?

Blok M pernah jadi jawaban bagi generasi kreatif Jakarta yang haus akan ruang. Mulai dari restoran dan kafe independen, bar-bar kecil, toko-toko vinyl dan buku tua, sampai acara komunitas yang tak terhitung jumlahnya—semua tumbuh dari satu hal: aksesibilitas dan ekosistem yang saling dukung. Tapi seperti halnya kawasan kreatif lainnya, dinamika kota terus bergerak. Ketika satu ruang sudah terbentuk dengan identitasnya sendiri, akan selalu muncul pertanyaan: ke mana arah pergerakan selanjutnya?

Read More
Assia Keva: Dari ‘Child Star’ ke ‘Rising Star’, Mencari Jati Diri Lewat Single Perdana di Bawah Naungan Maspam Company
Geometry Selects Aradi Ghalizha Geometry Selects Aradi Ghalizha

Assia Keva: Dari ‘Child Star’ ke ‘Rising Star’, Mencari Jati Diri Lewat Single Perdana di Bawah Naungan Maspam Company

Singer-songwriter asal Bali, Assia Keva, merilis single baru bertajuk Looking for Love in Wrong Places pada 28 Mei lalu. Single ini merupakan lagu perdana Keva sebagai artis terbaru dalam dalam roster record label Pamungkas, Maspam Company, dan akan menjadi lagu pembuka dari EP yang akan dirilis tahun ini.

Read More
No Na dan PR Besar Jadi Girl Group Global yang Benar-Benar Indonesia
Geometry Insights Aradi Ghalizha Geometry Insights Aradi Ghalizha

No Na dan PR Besar Jadi Girl Group Global yang Benar-Benar Indonesia

88rising, label musik terkemuka yang telah membawa musisi Indonesia seperti NIKI dan Rich Brian ke ranah populer di Amerika Serikat, membentuk girl group baru bernama no na. Grup yang beranggotakan empat talenta muda: Baila Fauri, Christy Gardena, Shaz Adesya, dan Esther Geraldine baru saja merilis single perdana mereka yang bertajuk “Shoot”, lengkap dengan video musik (MV) yang langsung mencuri perhatian. 

Read More
Lebih dari Identitas Visual, Logo HUT RI Kini Jadi Gerakan Kultural
Lifestyle Aradi Ghalizha Lifestyle Aradi Ghalizha

Lebih dari Identitas Visual, Logo HUT RI Kini Jadi Gerakan Kultural

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Indonesia, Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) bersama Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) Republik Indonesia kembali mengadakan sayembara untuk memilih identitas visual resmi perayaan kemerdekaan tahun ini. Inisiatif ini bukan hanya soal memilih visual simbolik, tapi juga menjadi bentuk partisipasi masyarakat dalam merayakan semangat kemerdekaan lewat medium desain grafis.

Read More