
Compass® dan Musik: Saat Sepatu menjadi Teman Berproses
Melalui kampanye terbarunya bertajuk “Selangkah, Searah” yang resmi diluncurkan pada 7 Juli 2025 silam, Compass® tak hanya memperkenalkan produknya, tapi juga menawarkan perspektif baru akan filosofi brand-nya selama 6 bulan ke depan.

Ardi Gunawan Lawan Pop Culture dan Media Massa Lewat Cipratan Cat Pameran Made Me Dirty di ISA Art Gallery
Pada tanggal 4 Juli lalu, pemeran tunggal dari seniman Ardi Gunawan resmi dibuka untuk publik di ISA Art Gallery. Pameran yang dikurasi oleh Hendro Wiyanto ini mempersembahkan kumpulan karya satir, kritik politik, ekspresi emosional serta pengamatan sang seniman terhadap pop culture dan media massa.

Festival Jazz, Tapi Kok Bukan Jazz? Indra Lesmana Angkat Suara
Beberapa hari terakhir, jagat musik Indonesia dihebohkan oleh unggahan musisi jazz legendaris Indra Lesmana yang mengkritik sebuah festival musik besar di Indonesia. Pasalnya, festival tersebut menggunakan label “jazz” dalam namanya, tapi lineup panggungnya justru didominasi musisi dari genre lain—dari pop, R&B, hingga elektronik.

Ketika Dua Seniman Lintas Generasi Bersatu dalam Pameran Staging Desire
Digagas oleh Baseline Studio dan didukung oleh Komunitas Salihara sebagai partner utama, pameran Staging Desire mempertemukan dua seniman lintas generasi yang memiliki pendekatan seni yang berbeda, yakni antara Nindityo Adipurnomo dan Imam Sucahyo.

Pagelaran Sabang Merauke Tampilkan Pertunjukan Sekelas Broadway
Setelah sukses menggelar 5 pertunjukan antara 2022 dan 2024, Pagelaran Sabang Merauke kembali hadir sebagai perayaan Nusantara, menyatukan kekayaan Indonesia tradisional dan kontemporer. Kini Pagelaran Sabang Merauke yang diselenggarakan oleh iForte hadir dengan skala lebih besar dan lebih megah.

Musikal Petualangan Sherina Hadir Kembali, Cerita Teater Sherina dan Sadam Kian Relevan
Setelah sukses pada 2017, 2018, dan 2022, pertunjukkan Musikal Petualangan Sherina akan kembali menyapa penonton tanah air tahun ini. Pertunjukan terbarunya akan digelar di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 11-20 Juli 2025 mendatang, dengan total 15 pementasan.

Sore: Istri dari Masa Depan Tunjukkan Kualitas Tinggi Produksi Film Lokal
Film Sore: Istri dari Masa Depan menjadi salah satu contoh nyata bagaimana film layar lebar Indonesia dapat menghadirkan kisah romansa bertema ‘time travelling’ yang segar dengan balutan kualitas produksi tinggi, mulai dari keterlibatan sineas lokal itu sendiri, aktor internasional, hingga musisi dan seniman lintas bidang yang sama-sama mempunyai visi untuk menyampaikan makna cinta dan penerimaan tanpa syarat dari seseorang lewat film.

Rilis Album Kedua, Voxxes Ceritakan Kelanjutan Eksplorasi Emosional dan Musikal Mereka
Voxxes telah merilis album terbaru mereka, bertajuk Daydream, pada 20 Juni 2025 lalu. Daydream resmi menjadi album kedua dari band yang sempat dinominasikan di AMI Awards pada 2023 ini.

Sukses Menggelar Tur Dunia, Mampukah BABYMONSTER Menjadi Ikon Gen 5?
Waktu baru menunjukkan pukul 18.30 WIB, namun area ICE BSD City Hall 5-6, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, sudah dipadati ribuan fans BABYMONSTER. Para Monstiez ini kompak menyanyikan lagu “Sheesh” sambil menantikan kehadiran sang idola.

Produk Lokal “Dilokalin”, Apakah Dupe Culture Sudah Kebablasan?
Beberapa waktu lalu sebuah unggahan TikTok dari akun @_marcoraven ramai diperbincangkan setelah membahas isu brand pakaian KAHA yang dianggap membuat dupe (tiruan) produk Rumer Shirt dari Drunk Dad and Friends. Di tengah fenomena brand lokal yang kerap “melokalkan” produk luar, kini muncul polemik baru: brand lokal yang justru meniru brand lokal lainnya—menciptakan produk serupa dengan harga lebih murah.

Dengan Kembalinya Keluarga Cemara, Teater Musikal Terus Menjadi Tempat Bonding Untuk Keluarga
Pada 20 Juni lalu, pentas perdana Pertunjukan Panggung Musikal Keluarga Cemara 2025 resmi digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Mengangkat kembali karya legendaris Arswendo Atmowiloto setelah kesuksesan tahun lalu, musikal ini disutradarai oleh Pasha Prakarsa dengan skenario yang ditulis oleh Yemima Krisantina dan Widya Arifianti. Tayang hingga 13 Juli mendatang, pertunjukan ini akan dipentaskan sebanyak 30 kali.

Decoding Gen Z: kalau bisa lowercase, kenapa harus kapital?
Bagi Gen Z, tidak menekan tombol "shift" saat mengetik bukan berarti mereka malas atau asal-asalan. Justru sebaliknya—itu adalah pilihan sadar. Di tengah dunia digital yang serba cepat dan penuh tekanan untuk tampil sempurna, mereka memilih huruf kecil sebagai bentuk ekspresi diri yang lebih jujur, intim, dan rendah hati. Fenomena ini bukan cuma perkara estetika, tapi pernyataan sikap terhadap cara mereka memandang komunikasi, identitas, dan struktur kekuasaan.

Kolaborasi Fuguku dan 2 Mai Hasilkan The Shell Bag
Jika biasanya tas konvensional diproduksi dari bahan sintetis yang dapat menimbulkan emisi karbon dan limbah industri baru, dua brand fashion asal Prancis dan Indonesia, yakni 2 Mai dan Fuguku, malah justru bekerja sama untuk menciptakan sebuah tas kekinian dari bahan daur ulang yang lebih ramah lingkungan.

Konten Kreasi Matcha Aneh Merajalela, Bukti Budaya Kuliner Kreatif Kita atau Mulai Berlebihan?
Baru-baru ini beredar video-video yang menunjukkan netizen bereksperimen dengan matcha, teh hijau tradisional dari Jepang yang kini semakin populer. Berawal dari kreasi yang mencoba melokalkan—seperti minuman, dessert, dan kue-kue khas seperti martabak—kini demi viralitas, muncul sajian seperti matcha dijadikan kuah mi, bahkan disantap bersama nasi dan lauk lele goreng.

Menilik Pribadi Raden Saleh Lewat Perspektif Sejarah
Raden Saleh termasuk salah satu pelukis yang membanggakan Indonesia di kancah seni modern global saat ini, namun masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenal maestro satu ini. Siapa sebenarnya Raden Saleh dan apakah benar dia memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi?

Tenue de Attire Rilis Koleksi Pakaian Sehari-Hari
Brand fashion lokal Tenue de Attire resmi meluncurkan koleksi terbarunya yang diberi nama Everyday Collection pada 15 Juni 2025. Koleksi ini terdiri dari tiga produk utama: Crema Shirt, Everyday Basic Tee, dan Everyday Graphic Tee yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari dengan desain minimalis dan harga terjangkau.

Kiprah JAFF Market dan Gelombang Baru Kerja Sama Internasional
Di tengah lonjakan produksi film dan antusias penonton pasca pandemi, bentuk kerja sama dalam skala internasional pun semakin terasa nyata oleh anak bangsa. Mulai dari pembelian hak eksklusif dan distribusi lintas negara, hingga kehadiran film Indonesia di berbagai festival bergengsi berskala internasional. Hal ini tentunya menjadi bukti nyata bahwa sinema nasional tengah memperluas jejaring globalnya.

Wajah Baru Indonesia Kaya, Upaya Mendekatkan Tradisi dan Budaya ke Generasi Visual
Indonesia Kaya, sebuah inisiatif budaya yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, resmi memperkenalkan wajah baru mereka, sebuah identitas visual yang dirancang oleh desainer grafis kenamaan Indonesia, Evan Wijaya. Pembaruan ini tidak hanya mencakup Indonesia Kaya sebagai entitas utama, tetapi juga seluruh program dalam ekosistemnya: Galeri Indonesia Kaya (GIK), Taman Indonesia Kaya (TIK), dan Rumah Budaya Indonesia Kaya (RuBIK).