Harus Apa Bila Karyawan Bisnis F&B Kamu Terkena Covid-19?

Adanya peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi membuat aktivitas di luar ruangan menjadi dibatasi. Sejumlah perusahaan pun menerapkan aturan bekerja dari rumah untuk meminimalisir risiko penularan.  Beberapa jenis pekerjaan memang memungkinkan karyawannya untuk bekerja jarak jauh. Namun, tidak sedikit juga bidang pekerjaan tertentu yang membutuhkan kehadiran karyawan di lokasi.

Contohnya untuk mereka yang bergerak di sektor jasa dan kuliner. Seorang pemilik restoran tidak mungkin menerapkan work from home total bagi para karyawannya. Untuk keberlangsungan bisnis, kegiatan produksi, pelayanan, hingga pengiriman pesanan, tentunya membutuhkan kehadiran karyawan di lokasi dan interaksi dengan sesama rekan kerja.

Mengingat di sektor kuliner faktor kebersihan dan kesehatan adalah yang utama, apa yang akan dilakukan pemilik usaha bila seandainya ada karyawannya yang positif terkena Covid-19?

Gary Evano Daniel, Managing Director Puyo Desserts

Geometry-(IGF)WWLD-02.jpg

Pertama dan terutama, kami sangat memperketat protokol kesehatan serta menerapkan strategi penjadwalan sebagai upaya pencegahan terjadinya penularan Covid-19 pada karyawan. Kami mewajibkan seluruh karyawan divaksin sesegera mungkin dan juga tidak memperbolehkan mereka yang sakit untuk masuk kerja.

Apabila ada karyawan yang terkena Covid-19, kami mewajibkan seluruh karyawan lain yang sempat bertemu sampai dengan 1-2 minggu ke belakang untuk swab test, terutama apabila ada yang memperlihatkan gejala. Karyawan yang mendapatkan hasil tes positif Covid-19 akan diminta untuk melakukan isolasi, baik mandiri ataupun di rumah sakit, sesuai dengan kondisinya. Karyawan tersebut baru akan diperbolehkan untuk kembali bekerja saat sudah negatif dan kondisinya sehat. Prioritas kami adalah untuk menjaga kenyamanan serta keamanan karyawan yang bekerja, dan juga pastinya untuk para pelanggan.

 

Gupta Sitorus, Creativepreneur

Geometry-(IGF)WWLD-03.jpg

Bagi saya, kesehatan serta keamanan karyawan dan pelanggan adalah prioritas utama. Namun di satu sisi, kita pun perlu memastikan bisnis kita tetap berjalan. Untuk itu bila ada karyawan yang terkena Covid-19, berikut adalah langkah yang akan dilakukan:

1. Menutup bisnis untuk sementara waktu dengan memberi kabar terlebih dahulu ke pelanggan dan rekan usaha bila ada karyawan kita yang positif Covid-19. Transparansi adalah hal yang sangat penting, meskipun tentunya tanpa perlu menyebut nama, atau siapa yang terkena Covid-19.

2. Tes semua karyawan dan disinfektan seluruh area

3. Setelah semua hasil tes keluar, kegiatan operasional bisa kembali dilanjutkan hanya dengan karyawan yang memiliki hasil negatif yang boleh masuk. Di saat ini tingkat keamanan dan protokol kesehatan perlu ditingkatkan. Misalnya dengan mengenakan masker secara double, atau melengkapi lingkungan kerja dengan fasilitas alat yang mendukung seperti air purifier atau sejenisnya.

4. Setelah empat hari tes massal pertama dilakukan, lakukan kembali tes untuk memastikan kesehatan karyawan

Melalui segmen What Would Leaders Do, Geometry mengeksplorasi pemikiran strategis para pemimpin industri terkait suatu isu di dunia bisnis kreatif. Temukan ide serta inspirasi di balik pemikiran para industry expert lainnya di sini.

Previous
Previous

Hidupkan Suasana Dengan Bisnis Aroma

Next
Next

Tren Atau Fad?