Ruang Arumanis: Sebuah Duolog Mengenai Pergulatan Batin Penyintas Kekerasan Seksual

Di penghujung tahun 2022 ini, geliat seni panggung di Indonesia tampaknya sudah mulai kembali semarak. Salah satu pementasan yang telah terselenggara di tahun ini adalah “Ruang Arumanis”, sebuah pertunjukkan duolog yang digelar oleh divisi seni dari perusahaan jasa agen properti, Regina Art. 

Pertunjukan ini sendiri berupaya mengangkat isu kekerasan seksual. Pentas yang disutradarai oleh Wawan Sofyan dan diperankan oleh Joane Win juga Ruth Marini ini mengisahkan sebuah ruang pergulatan tubuh dan jiwa seorang pentintas kekerasan seksual yang menginginkan kesembuhan dan keadilan. 

Lisa, yang mejadi tokoh utama dari pementasan duolog ini diperankan sekaligus oleh dua orang. Joane memerankan tubuh dari Lisa, sedangkan jiwanya diperankan oleh Ruth Marini. Naskah petunjukan Ruang Arumanis ini sendiri dituliskan oleh E.D. Jenura. Seorang penulis Sunda yang telah kerap kali mengangkat isu perempuan dalam karya yang ia tulis.

“Dalam proses penyembuhan, terdapat suara-suara yang harus didengar dan diperdengarkan. Semoga Ruang Arumanis menjadi ruang empati yang universal,” ungkap E.D Jenura, penulis naskah Ruang Arumanis.

Dokumentasi pentas Ruang Arumanis.

Gelaran pentas Ruang Arumanis merupakan produksi pernada dari Regina Art yang sebelumnya lebih giat bercerita melalui medium film pendek. Termasuk salah satunya adalah film pendek bertajuk “DON’T OPEN” yang sempat tayang di New York Film Festival. Pertunjukan ini diharapkan mempu menjadi medium penyampai pesan kepada masyarakat sehubungan dengan isu pentingnya menumbuhkan empati terhadap korban kekerasan seksual, sekaligus juga menyuarakan dampak psikis kekerasan seksual di dalam kehidupan sosial korban.

“Pementasan Ruang Arumanis  adalah bentuk kepedulian dan keprihatinan kami atas maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di masyarakat. Lewat pementasan ini, kami ingin menggambarkan perjuangan seorang korban untuk mendapatkan haknya kembali,” ungkap Joane Win, pemeran tokoh Lisa sekaligus pendiri Regina Art. 

Ruang Arumanis sendiri telah rampung dipentaskan pada 24 Agustus 2022 lalu di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Pementasan ini sendiri akan tetap bisa kamu tonton melalui akun YouTube Regina Realty. Informasi lebih lengkap mengenai penayangan pentas Ruang Arumanis juga bsia kamu temukan melalui media sosial Regina Art dan Regina Properti. 

Previous
Previous

Geometry Selects: Rekomendasi Buku Biografi

Next
Next

The Collector’s Show: Artsy Gathering, Ruang Kolaborasi Para Pegiat Seni