The Collector’s Show: Artsy Gathering, Ruang Kolaborasi Para Pegiat Seni

NA Arthouse adalah sebuah ruang kreatif yang dicetuskan oleh seniman muda asal Indonesia, Naufal Abshar. Pada 28-30 Agustus lalu NA Arthouse telah rampung menyelenggarakan program pameran koleksi karya seni rupa bertajuk “The Collector’s Show: Artsy Gathering”. 

NA Arthouse sendiri adalah sebuah wadah yang ditujukan sebagai ruang kreatif dalam menjembatani para seniman, pegiat seni, pelaku industri kreatif, kolektor, akademisi, serta para penikmat seni untuk bisa saling berinteraksi dalam berbagai program yang dihadirkan. 

Pameran “The Collector’s Show: Artsy Gathering” sendiri melibatkan beragam koleksi seni dari beberapa kolektor seni rupa ternama di Indonesia seperti Axton Salim, Evelyn Halim, Irwan Mussry, Jose Dima Satria, Tom Tandio, dan Tommy Sutomo. Nama-nama tersebut hadir sebagai representasi dari kolektor dan pecinta seni rupa Tanah Air yang secara konsisten terus memberikan dukungan dan apresiasi bagi karya seni.

Instalasi pameran

Karya seni yang ditampilkan sudah dikurasi terlebih dahulu oleh Maradita Sutantio. Para seniman yang turut menghadirkan karyanya pada acara The Collector’s Show: Artsy Gathering adalah Eko Nugroho, Heri Dono, Indieguerillas, Jumaldi Alfi, Elia Nurvista, Yunizar, I Nyoman Musriadi, Naufal Abshar, dan Robi Dwi Antono. Nama-nama ini merupakan beberapa nama yang sudah dikenal dan di aku dalam skena seni Indonesia maupun dunia.

Penyelenggaraan program The Collector’s Show: Artsy Gathering merupakan salah satu bentuk partisipasi dari NA Arthouse dalam salah satu gelaran seni terbesar di Indonesia yaitu Art Jakarta 2022. Melalui program ini diharapkan bisa menjadi perwujudan energi baik untuk bisa menyebarkan dan menghidupkan semangat berkesenian pada publik di Tanah Air.

Sebagai pencetus NA Arthouse, Naufal Abshar berharap bahwa program ini bisa mendorong terjadinya diskusi atas berbagai wacana terkait dengan dunia seni rupa. Terlebih mengenai proses pengkoleksian karya berdasarkan narasi, pertimbangan, serta sudut pandang yang lebih beragam. Di masa mendatang program ini diharapkan mampu menjadi wadah yang baik untuk saling bertukar ilmu antar pelaku seni profesional. Meliputi seniman, kurator, kolektor, akademisi, gallerist, serta seluruh pecinta seni yang tertarik untuk memahami lebih dalam dunia seni rupa. 

Karya Naufal Abshar

“Sehingga kedepannya, hubungan antara para pelaku seni rupa dapat bergerak semakin kondusif dan saling menginspirasi untuk mengembangkan proses kreatif berkesenian terutama di Indonesia. Semoga ke depan, bentuk-bentuk program seperti ini dapat tetap terselenggara dan dapat menjadi motor pendorong proses kreatif berkesenian bagi kita semua,” tutup Naufal Abshar. 

Previous
Previous

Ruang Arumanis: Sebuah Duolog Mengenai Pergulatan Batin Penyintas Kekerasan Seksual

Next
Next

POSU at Cloud 9 : Hadirkan Ragam Kolaborasi Brand Lokal