Merayakan Hari Kartini Melalui Karya-Karya Ilustrator Perempuan

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April yang bertujuan untuk memperingati dan menghargai jasa pahlawan nasional wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Pada 2024, Hari Kartini jatuh pada hari Minggu dan selalu menjadi momen spesial untuk mengenang perjuangan emansipasi wanita.

Di era digital ini, semangat Kartini tak hanya sebatas pada perjuangan kesetaraan gender, tetapi juga pada pemberdayaan perempuan di berbagai bidang, termasuk seni dan desain. Salah satu wujud nyatanya adalah kemunculan beberapa ilustrator perempuan Indonesia yang menuangkan ide kreativitasnya melalui karya-karya inspiratif. Siapa saja sih?

  • Yessiow

    Yessi Nur Mulianawati atau lebih akrab dikenal dengan Yessiow merupakan ilustrator dan seniman mural asal Bali yang memiliki gaya ilustrasinya yang unik, identik dengan gambar perempuan, dan karyanya yang penuh warna.

    Yessiow juga turut menunjukkan komitmennya mendukung industri kreatif Indonesia dengan berkolaborasi bersama berbagai brand ternama seperti Teh Botol Sosro, The Body Shop Indonesia, PT Transjakarta ‘Bundaran HI Astra’, dan masih banyak lagi. Keahliannya, tak hanya diakui dalam negeri, tetapi mancanegara. Ia telah menggelar pameran seni di 5 negara yaitu Spanyol, Yunani, Austria, Italia, dan Australia. Keren!

  • Ayang Cempaka

    Siapa yang tidak kenal dengan Ayang Cempaka? Ilustrator kebanggan Indonesia yang berbasis di Dubai ini telah berkolaborasi bersama dengan Google, Thermos, L’Occaitane, PT Transjakarta, dan masih banyak lagi. Sebagai ilustrator, Ayang menciptakan ilustrasinya dari perasaan manusia dalam gaya vintage, warna cerah, dan stroke cat aneh yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari.

  • Nadya Noor

    Nadya Noor, seorang lulusan arsitektur yang ternyata lebih memilih untuk terjun di bidang desain grafis dan ilustrasi telah mengilustrasikan berbagai karya seninya, seperti merchandise, komik, desain produk, dan mural. Beberapa hasil karya dari Nadya, diantaranya membuat ilustrasi cover buku ‘As Long As The Lemon Trees Grow’, berkolaborasi bersama PT Transjakarta, Good Day, Looke Cosmetics, dan masih banyak lagi.

  • Sari Sartje

    Sari Sartje merupakan seorang vokalis band indie asal Jakarta yang sekaligus ilustrator dan desain grafis. Melalui ilustrasinya, Sari aktif telah melakukan berbagai kolaborasi dengan Wawbaw, Animal Friends Jogja, Altogetha Skates, Gorta Jakarta, Sablon Biennale, dan banyak lagi.

  • Kathrin Honesta

    Kathrin Honesta menjadi salah satu perempuan inspiratif Indonesia dan seorang ilustrator yang memiliki jiwa pendongeng untuk mendorong ekspresi visualnya dalam mendukung narasi yang kuat. Setiap karya yang digambarkan oleh Kathrin memiliki daya tarik sendiri dengan menambahkan unsur feminim didalamnya. Beberapa karya kolaborasi yang dimiliki Kathrin, seperti Fresco, Nivea, Samsung, Google, dan karya-karya lainnya.

  • Dinda Puspitasari

    Dinda Puspitasari merupakan seorang penulis sekaligus fashion illustrator yang identik dengan karyanya yang penuh warna dan semakin dikenal melalui bukunya yang berjudul #88 Love Life dan Dinda Puspitasari’s World of Pattern.

    Selain itu, Ia telah berkolaborasi dengan merek-merek terkenal seperti Pyopp Fledge, Pepsodent, Natur-E, BLP Beauty, serta berkesempatan untuk bekerja dengan ilustrator Pixar, Scott Morse, dalam sesi live drawaing untuk merayakan peluncuran film Soul. Keren!

Itu dia beberapa Ilustrator perempuan Indonesia yang berbakat dan bertalenta. Karya-karya mereka tidak hanya menginspirasi di tingkat lokal, tetapi juga menarik perhatian secara global yang dapat memberikan inspirasi bagi generasi berikutnya.

Selamat Hari Kartini untuk semua perempuan, semoga kita memiliki semangat Kartini untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa!

Previous
Previous

Sambut Lebaran di Kamp Pengungsian, DMC Dompet Dhuafa Kirim 200 Paket Bantuan Untuk Warga Pakistan

Next
Next

Ragam Fasilitas Pos Mudik Dompet Dhuafa Kenyamanan Perjalanan Menuju Kampung Halaman