Menemukan Ide Dari Melamun

Apakah kamu salah satu orang yang suka melamun?

Menurut KBBI, melamun diartikan sebagai sebuah keadaan saat kita termenung sambil pikiran melayang ke mana-mana. Sering kali melamun atau bengong diasumsikan sebagai kegiatan yang bertolak belakang dari konsep produktivitas. Terutama jika dilakukan di tempat kerja, terlebih saat jam kerja. Nyatanya penelitian dari Harvard University mengatakan bahwa secara rata-rata umumnya kita bisa menghabiskan hingga 47% dari waktu harian kita untuk bengong. 

Terlihat sangat besar karena terkadang bahkan kita tidak sadar bahwa kita sedang melamun. Tak jarang ditengah kesibukan kita mulai kehilangan fokus dan mencoba melarikan diri di dalam pikrian masing-masing. Bisa jadi saat di perjalanan, setelah makan siang, bahkan di tengah percakapan yang terlalu membosankan atau terlalu rumit untuk dipahami. Studi menunjukkan bahwa saat kita melakukan pekerjaan yang menuntut kemampuan kognitif dapat meningkatkan kemungkinan kita untuk melamun terhadap suatu masalah atau lamunan lainnya yang cenderung acak. 

Ternyata melamun tidak hanya menghasilkan dampak negatif, justru bisa menjadi peluang sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas kita. Efektivitas melamun dalam meningkatkan kreativitas cenderung lebih signifikan jika individu tersebut sudah sangat paham atau kenal dengan tanggung jawab mereka ketika bekerja. Melamun bisa jadi bermanfaat jika bertujuan untuk menemukan penyelesaian dari suatu masalah dalam pekerjaan. Lamunan yang acak tidak terlalu berpengaruh dalam peningkatan kreativitas ketika bekerja tetapi bisa meningkatkan kreativitas individual secara general.

Meluangkan waktu secara berkala untuk melamun bisa menjadi cara sebagai latihan penyelesaian masalah. Lamunan acak tanpa panduan dan petunjuk dapat membuat kita menemukan jalan baru dalam berpikir. Ide-ide baru biasanya muncul dari pengandaian situasi “what if”, cara ini dapat digunakan untuk mengembangkan ide yang kamu punya. Mulai dari ide konten bahkan ide bisnis. Saat berpikir untuk menyelesaikan masalah tertentu terkadang pikiran kita jadi terbatas hanya karena merasa harus mengikuti aturan-aturan tertentu.

Think outside the box dapat diwujudkan melaui lamunan acak akan suatu ide baru atau bahkan pengembangan ide yang sudah ada sebelumnya. Di sisi lain, perlu diingat melamun juga dapat mengganggu kinerja individu jika pemahaman mereka akan apa yang sedang mereka kerjakan rendah. Singkatnya, melamun dapat meningkatkan kreativitas tetapi juga dapat membahayakan kinerja individu jika porsinya tidak diatur dengan baik.

Previous
Previous

Film Just Mom Gambarkan Kisah Kerinduan Seorang Ibu

Next
Next

Dark Store Hadir Sebagai Konsep Retail Yang Mengutamakan Kecepatan