Gen Z Jadikan Anime Pelarian hingga Penyemangat Hidup

Anime, serial animasi asal Jepang memang sudah sejak lama memiliki penggemarnya sendiri di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Judul-judul seperti Sailor Moon hingga Dragon Ball Z sudah menjadi teman masa kecil bagi generasi 90-an. 

Salah satu film anime yang menjadi pelopor popularitas anime di Indonesia adalah film Astro Boy. Anime kemudian semakin ramai digemari setelah serial Doraemon mulai tayang di televisi nasional mulai tahun 1991. Seiring berjalannya waktu, ternyata anime tetap memiliki penggemar setia bahkan terus bertambah dari tahun ke tahun. 

Polygon, sebuah media gaming asal Amerika Serikat melakukan survey kepada lebih dari 4000 orang mengenai dunia anime. Didapati bahwa 42% dari Gen Z mengungkapkan bahwa mereka menonton anime setiap minggunya. 58% dari Gen Z bahkan mengungkapkan mereka menemukan tipe ideal mereka dalam tokoh anime yang ditonton.

Kenapa Gen Z memilih anime sebagai tontonan?

Cerita yang mudah dipahami dan relatable adalah kunci utamanya. Jika dibandingkan dengan media hiburan lainnya, penokohan serta alur cerita dalam anime dianggap lebih merepresentasikan kegelisahan serta kehidupan sehari-hari. Hal ini yang kemudian membuat Gen Z menganggap anime adalah pilihan tontonan yang dekat secara emosional. Selain menarik secara alur cerita, kedalaman karakter yang diceritakan juga berhasil membuat Gen Z tertarik untuk menikmati setiap episode yang ada. 

Poin lain yang juga penting adalah karakteristik pengisi suara karakter. 86% responden Gen Z mengungkapkan bahwa mereka mempertimbangkan kemampuan para voice actor saat menonton anime favorit mereka. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh WordVinder kepada 1000 pengguna yang aktif dalam komunitas anime, mayoritas penonton mengungkapkan lebih menikmati menonton anime dengan subtitle daripada dubbing ulang dengan bahasa yang berbeda. 

Peran anime bagi Gen Z kini tidak hanya sebagai pilihan hiburan tetapi juga bentuk dukungan emosional. Umumnya anime merupakan tontonan yang dipilih untuk menenangkan diri atau pelarian sesaat ketika merasa sedih, gelisah, atau stress. Sebagian juga menjadikan anime sebagai cara untuk menyemangati diri sendiri saat harus menghadapi momen-momen penting. 

Judul anime yang menjadi pilihan Gen-Z

Di kalangan Gen Z beberapa judul anime yang memiliki banyak penggemar antara lain; Attack on Titan, Dragon Ball Z, Naruto, Spy x Family, Kotaro Lives Alone, dan Demon Slayer. Judul-judul tersebut sukses menarik perhatian Gen Z karena beberapa hal: 

Pertama, premis cerita yang menarik dan tidak umum ditemui di pilihan media hiburan lainnya. Medium animasi memungkinkan para creator untuk bebas bercerita dan menampilkan visual yang lebih unik.

Kedua, jalan cerita yang mudah diikuti dengan sentuhan komedi di dalam alur ceritanya. Dari daftar ranking anime popular secara global yang dibuat oleh MyAnimeList didapatkan bahwa 6 dari 10 judul diantaranya merupakan anime dengan genre komedi. 

Ketiga, tokoh yang tidak sepenuhnya sempurna dan terasa manusiawi. Beberapa tokoh dalam anime seperti Naruto dan Spy x Family dianggap unik dan menarik untuk ditonton perkembangannya. 

Terakhir, tren di media sosial. Tidak dapat dipungkiri, peningkatan penonton juga tidak serta merta menjadikan mereka fans anime garis keras, beberapa mulai menonton anime karena perbincangan serta rekomendasi yang mereka temukan di media sosial.

Previous
Previous

Ragam Fasilitas Pos Mudik Dompet Dhuafa Kenyamanan Perjalanan Menuju Kampung Halaman

Next
Next

Geometry Selects: 5 Rekomendasi Milk Bun Viral ala Thailand Yang Bisa Kamu Cicip di Jakarta