Festival Virtual Pemulihan Industri Desain Interior

Geometry-Mayantara.png

Pandemi membawa dampak buruk bagi seluruh industri. Pemerintah menyebutkan bahwa 60% industri terkena dampak berat, sementara 40% lainnya terkena dampak moderat. Begitu pun dengan industri kreatif yang terkena dampak dari pandemi, mulai dari sektor perfilman, musik, fashion, kuliner, sampai desain interior.  Namun zaman makin berkembang, di mana sektor-sektor tersebut sudah didukung dengan digitalisasi sehingga mempermudah proses adaptasi dan tranformasi di segi ekonomi kreatif. Desain interior sendiri adalah salah satu sektor industri kreatif yang telah melakukan digitalisasi sehingga dapat beradaptasi di masa pandemi.

Dengan latar belakang tersebut, Mayantara JAK.ID: Virtual Design Festival untuk Pemulihan Industri Kreatif Desain Interior di Masa Pandemi hadir untuk membantu pelaku industri kreatif di sektor desain interior bangkit dalam keterpurukan akibat pandemi. Bekerjasama dengan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan didukung langsung oleh pemerintah daerah DKI Jakarta, acara ini berlangsung dari tanggal 16 sampai 18 Juni 2021.

Mayantara JAK.ID dihadiri oleh pembicara ternama di bidang desain interior, seperti Elizabeth Chan dan Ambroise d’Hauteville dari Steelcase, Nathan Yong yang merupakan founder dan director dari NathanYong Design, Heather Li dari Digital Workplace Vega Technology, Steven Shaw dari Aedas Interior, Matthew Deayton yang merupakan CEO dari Vega Technology, dan yang terakhir ada Melvin Halpito yang merupakan Country Manager Indonesia Vega Technology. Dengan adanya pembicara-pembicara seperti yang telah disebutkan, diharapkan festival ini dapat membantu industri kreatif, khususnya sektor desain interior, dalam melewati masa pandemi seperti ini.

Diselenggarakan secara online, peserta yang mengikuti acara ini, khususnya praktisi, pelajar, pelaku, dan pemerhati industri kreatif yang bergerak di desain interior diharapkan dapat ‘merayakan’ keprofesian dan keilmuan mereka sebagai bagian dari komunitas di industri kreatif. Mulai dari berbagi tips dan trik menghadapi redupnya industri kreatif di era pandemi, hingga memetakan tren terkini dunia desain interior. Rina Renville, selaku ketua HDII DKI Jakarta meyakini, kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang penyemangat desainer interior tanah air untuk terus berkarya, namun juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk munculnya peluang-peluang baru.

 

Previous
Previous

Padukan Estetika dan Kepercayaan Diri dengan Body Tape

Next
Next

Langkah Mengembangkan Talenta di Industri Kreatif