Semarak Hari Kemerdekaan dalam Dunia Virtual

Geometry-RDI1 (1).jpg

Masih dalam momentum semarak perayaan hari kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus, tidak terasa sudah dua kali berturut-turut kita harus merayakan hari kemerdekaan dengan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2021 kita masih belum bisa berkumpul bersama dengan tetangga sambil menonton atau berpartisipasi dalam berbagai perlombaan mulai dari balap karung hingga lomba karaoke antar RT.

Untuk tetap menghidupkan semangat 45, pemerintah meresmikan Rumah Digital Indonesia (RDI) yang dapat diakses melalui www.rumahdigitalindonesia.id. Program berupa dunia virtual ini, bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat untuk tetap dapat merayakan momen kemerdekaan tahun ini secara virtual dari rumah masing-masing.

Selama satu bulan penuh, RDI memberikan ruang bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa bersama-sama memeriahkan momen kemerdekaan dalam format dunia digital. RDI juga menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti perlombaan khas 17-an, kesenian dan budaya khas dari daerah-daerah di Indonesia, hingga kesempatan berbelanja produk-produk UMKM dari 34 daerah di tanah air. 

Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia, Putri Tanjung, juga mengungkapkan “Di Rumah Digital Indonesia, kita bisa merayakan kemerdekaan tanpa ada sekat, bisa berkolaborasi membuat karya, dan belajar lebih mengenal Indonesia dengan segala kekayaan ragam budaya dan keindahannya.”

Hadirnya dunia virtual RDI ini diharapkan dapat menjadi hiburan bagi masyarakat Indonesia untuk tetap memeriahkan momen kemerdekaan dengan bantuan teknologi yang ada. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengungkapkan bahwa RDI dapat dimanfaatkan sebagai medium bagi masyarakat untuk bisa merayakan kemerdekaan dengan cara yang berbeda.

“Dalam suasana pandemi sekarang ini, kita merayakannya dengan cara yang berbeda. Kita akan lebih merayakannya dalam dunia virtual yang kita sebut Rumah Digital Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Platform dunia virtual ini juga memungkinkan masyarakat luas untuk turut memberikan andil dan menjadi bagian dari RDI. Selain dapat menikmati konten yang disuguhkan dalam RDI, publik juga dapat mengirimkan konten video menarik bertema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” yang kemudian dapat ditampilkan di berbagai panggung dan ruang yang tersedia di RDI. 

Jenis konten yang boleh dikirimkan juga sangat beragam seperti membaca puisi, menyanyikan lagi daerah, monolog, atau ide-ide kreatif lainnya seperti video tik-tok dengan durasi minimal 1 menit. Karya tersebut dapat dikirimkan ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 hingga 20 Agustus 2021. 

Memang banyak penyesuaian yang harus kita rasakan dalam berbagai aspek kehidupan kita belakangan ini. Kendati demikian, kondisi ini tetap tidak menyurutkan semangat rakyat Indonesia untuk memperingati hari bersejarah bagi bangsa kita. Mari bersama rayakan dan ramaikan bulan kemerdekaan ini dalam bentuk dunia virtual di Rumah Digital Indonesia. 


Previous
Previous

Hello Beautiful! Standar Kecantikan Tak Lagi Relevan Bagi Gen Z

Next
Next

Bagaimana Kalau Produkmu Diplagiat?