Bintaro Design District (BDD) 2023 Kembali Digelar, Hadirkan Konsep Desain dan Keharmonisan Alam

Kembali diselenggarakan untuk ke-empat kalinya, Bintaro Design District (BDD) 2023 hadir mengusung tema “Envisioning Nature” yang mengajak para desainer untuk lebih memikirkan kembali tentang alam dan mengimplementasikannya ke dalam desain. BDD menjadi momen bagi para desainer yang bertujuan untuk menghubungkan para pekerja kreatif di Jakarta dengan masyarakat umum, terutama di dalam inkubator kreatif yang ada di area Bintaro. Hal ini terus berkesinambungan sejak pertama kali BDD digelar pada tahun 2018.

BDD telah menjadi titik temu bagi para pegiat budaya, arsitektur dan inovasi. Tahun ini, BDD diselenggarakan pada tanggal 8 hingga 18 November 2023, dengan menyuguhkan berbagai bidang; mulai dari arsitektur, desain grafis, desain interior, desain produk, hingga bidang desain atau kreatif lainnya. BDD dikemas dalam beragam format acara, yakni open house, open architecture, instalasi publik, talkshow, workshop hingga program menarik lainnya yang diinisiasi oleh para desainer peserta.

Kurator sekaligus inisiator dari BDD 2023 yaitu Andra Matin (Arsitek), Budi Pradono (Arsitek), Danny Wicaksono (Arsitek), dan Hermawan Tanzil (Desainer Grafis) sebagai pegiat di industri desain tentunya memiliki harapan besar untuk menampilkan ragam gagasan yang dapat memperkaya persepsi kita utamanya antara manusia, desain dan alam.

Andra Matin menyampaikan bahwa tema “Envisioning Nature” yang diangkat dalam BDD 2023 ini bermula dari keresahan dari pola hidup manusia yang selama 100 tahun terakhir utamanya sudah mengeksploitasi alam secara besar-besaran sebagai sumber daya. Hal ini dilakukan untuk dapat menghasilkan benda desain dalam jumlah banyak dengan kualitas yang seragam. Hal inilah yang menjadikan para kurator lainnya juga tergelitik untuk mengajak lebih banyak desainer lainnya berpartisipasi dalam program BDD 2023 ini.

BDD 2023 dapat terselenggara karena dukungan banyak pihak, di antaranya yaitu Jaya Property, Propan, Roca, South 78, YKK AP, serta pihak-pihak lainnya yang membantu dilaksanakannya Bintaro Design District tahun ini.

BDD 2023 dapat dinikmati oleh khalayak umum mulai 8 hingga 18 November 2023 dengan membeli tiket melalui aplikasi “BDD - BintaroDesignDistrict” yang dapat diunduh melalui aplikasi IOS maupun Android.

Previous
Previous

Planetary Health Diet: Menawarkan Makanan Sehat dan Ramah Lingkungan untuk Tubuh dan Bumi

Next
Next

Feel-Good Lab, Laboratorium Eksperimental ICAD 13