Art Jakarta Gardens Hadirkan Instalasi Karya Seni di Ruang Terbuka

Sudah hadir sejak 2009 dengan sebutan Bazaar Art Jakarta, pada tahun 2019 event tersebut telah memasuki dekade baru. Bazaar Art Jakarta berubah menjadi sebuah pekan seni rupa internasional terpenting di Asia dengan nama, Art Jakarta.

Pada awal 2019, Art Jakarta hadir secara luring di Jakarta Convention Center, dengan jumlah peserta sebanyak 40 galeri internasional dan 30 galeri Indonesia. Beberapa waktu berselang, ketika pandemi Covid-19 muncul di tahun 2020, dan berdampak pada segala aspek dalam industri kreatif, Art Jakarta harus beradaptasi mengubah sistem pelaksanaan pameran kala itu.

Art Jakarta hadirkan solusi alternatif dengan mengadakan Art Jakarta Virtual pada 2020-2021. Walau berlangsung secara daring, antusias penikmat seni tetap kuat, ini dibuktikan dengan 68.158 pengunjung selama 4 bulan Art Jakarta Virtual berlangsung.

Setelah sekian lama sesak pandemi mencekat pelaksanaan kegiatan-kegiatan kreatif, tahun 2022 optimisme terhadap pelaksanaan sudah kembali bisa dirasakan. Art Jakarta pun hadir dengan konsep baru yang lebih segar, inovatif dan terbuka.

Melalui Art Jakarta Gardens, Art Jakarta menyuguhkan pameran di ruang terbuka pada area Hutan Kota by Plataran. Tersebar instalasi patung di beberapa titik, mulai dari karya I Nyoman Nuarta, Dolorosa Sinaga, Nus Salomo, hingga kehadiran karya dari Roby Dwi Antono yang belum pernah dipamerkan di manapun.

Konsep yang berbeda ini pun dirasa sangat cocok untuk menampilkan karya berupa patung. “Pameran di ruang terbuka dapat lebih mengakomodasi karya patung atau karya seni rupa tiga dimensi lainnya. Selama ini, umumnya pameran dalam ruang lebih banyak memberi sorotan pada lukisan atau karya dwimatra saja,” ungkap Direktur Artistik Art Jakarta, Enin Supriyanto.

Tak hanya instalasi patung di ruang terbuka, Art Jakarta Gardens juga menyediakan dua tenda khusus  untuk menampung 20 galeri seni rupa. Ditambah lagi, Art Jakarta Gardens berkolaborasi dengan Solana untuk menampilkan pameran NFT.

Art Jakarta memiliki misi untuk mengedukasi, serta meningkatkan apresiasi seni, sehingga dalam pameran Art Jakarta Gardens 2022 akan disediakan tur keliling taman dengan pemandu yang siap memberi informasi dan cerita terkait karya yang ada. Selain itu, akan hadir pula lokakarya seni rupa dan acara nonton bareng sejumlah film dokumenter tentang seniman Indonesia terkemuka.

Art Jakarta Gardens, telah diresmikan pada 7 April 2022 oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo dan pameran ini akan berlangsung hingga 14 April 2022 mendatang. Selengkapnya bisa dilihat pada laman artjakarta.com.

Previous
Previous

Berbagi Kebaikan di Bulan Suci Ramadan Melalui Preloved for Love

Next
Next

Elemen Kehidupan Dalam Album Neonomora