10 Tahun IdeaFest Berkontribusi di Industri Kreatif Indonesia

IdeaFest kembali diselenggarakan oleh Samara Live dengan mengusung tema bertajuk “The Future of X” yang akan diadakan mulai dari 18 hingga 28 November 2021. Ini menjadi tahun ke-10 bagi IdeaFest, menjadi wadah untuk para pelaku industri kreatif dapat berdiskusi dan berkolaborasi mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif. Selain itu, kehadirannya juga dapat dikatakan sangat konsisten sebagai sebuah festival kreatif tahunan terbesar di Indonesia.

“The Future X” hadir guna menyambut semangat para insan muda kreatif di Indonesia dan internasional yang memiliki wawasan serta ide-ide baru dalam ranah industri kreatif. Selain merayakan perjalanan 10 tahun IdeaFest berkontribusi sebagai wadah kreatif, “The Future X” juga memiliki makna bahwa di masa pandemi yang belum berakhir ini, terdapat satu hal yang dianggap sebagai sebuah pemikiran baru, yaitu tentang bagaimana masa depan sering kali menampilkan sesuatu yang uncertain atau misterius.

Melalui tema “The Future of X”, IdeaFest mengajak para pelaku industri kreatif untuk melihat segala sesuatu hal misterius di masa depan. Berdasarkan hal tersebut, mereka dapat memikirkan kemungkinan apa yang akan terjadi di masa mendatang dan bagaimana kita membangun masa depan yang semakin maju diiringi berbagai pemikiran kreatif insan muda.

Ben Soebiakto, selaku Co-Founder IdeaFest mengaku bahwa percepatan teknologi jadi salah satu faktor yang membuat pelaku industri kreatif bisa terkoneksi satu sama lain. Dengan adanya koneksi antara satu sama lain, terciptalah sebuah kolaborasi antara komunitas dan sosial yang nantinya mendorong para pelaku industri kreatif supaya bisa berkembang sampai dengan membentuk empowered community.

Tahun ini adalah tahun yang berbeda bagi IdeaFest, karena IdeaFest akan diselenggarakan dengan dengan konsep hybrid di mana memadukan penyelenggaraan event secara offline dan online. Penyelenggaraan acara secara online dilangsungkan di virtual arena baru, yaitu Jagat.Live, sebuah dunia metaverse yang memberikan pengalaman baru dan lebih interaktif. 

Tak hanya itu saja, IdeaFest “The Future of X” juga menampilkan lebih dari 150 tokoh inspiratif dan 60 sesi edukatif dengan topik relevan dengan perkembangan industri kreatif saat ini. Berbagai figur kreatif yang terkurasi dari dalam negeri dan luar negeri juga turut hadir meramaikan acara IdeaFest tahun ini. Beberapa nama diantaranya adalah Tablo, Jupaka, Asep Balon, Luluk HF, Brian McGinn, Max Mandias, Marsani Bapak2ID, Arawinda Kirana, Dee Lestari, dan masih banyak lagi.


Previous
Previous

ICAD XI Tak Hanya Sekedar Sebuah Pameran

Next
Next

Potensi Bisnis Jimat Era Modern