New Year, New You: Strategi Wujudkan Resolusi Tahun Baru

Geometry-Produktif_di_Awal_Tahun.jpg

Tahun baru merupakan fresh start bagi semua orang. Di tahun yang baru, orang-orang berlomba-lomba untuk membuat komitmen dengan diri mereka untuk menjadi lebih baik sehingga ada yang dinamakan dengan resolusi tahun baru.

Ketika membuat resolusi tahun baru, kebanyakan orang akan membuat beberapa poin yang ingin dicapai. Namun, seringkali kita melupakan ‘tenggat waktu’ kapan poin-poin tersebut harus selesai, yang pada akhirnya menyebabkan kita banyak menunda dan akhirnya melupakan resolusi-resolusi tersebut, atau mungkin berhenti di tengah jalan. 

Resolusi tahun baru tidak melulu soal seberapa besar atau banyak hal yang harus dicapai, untuk mewujudkan hal tersebut, kita juga membutuhkan strategi yang baik. Kalau kita merasa jenuh atau tertekan dengan resolusi yang kita buat sendiri, berikut beberapa hal yang mungkin bisa kita coba terapkan:

Bagi Resolusimu ke Dalam Beberapa Bagian

Sebelum membagi resolusi kita ke dalam beberapa waktu, pertama kita bisa mengurutkan resolusi dari yang singkat hingga panjang. Berikutnya, kita dapat membagi resolusi tersebut berdasarkan tingkat kesulitan dan waktu yang kita butuhkan menjadi resolusi per bulan, per tiga bulan, atau enam bulan, misalnya, pada bulan Januari kita harus merenovasi kamar, atau kita harus berhasil menabung uang sebesar sekian pada bulan Maret, dan seterusnya. Dengan membaginya menjadi per bulan atau per tiga bulan, kita jadi tahu berapa waktu yang tersisa dan lebih mudah juga untuk mengatur waktu dan pengeluaran kita. Selain itu, hal ini juga bisa meminimalisir kemungkinan kita jadi kewalahan, karena kita tidak harus mengerjakan banyak hal sekaligus dan bisa fokus pada apa yang harus kita selesaikan pada bulan tersebut.

Pecahkan Satu Tujuan Besar Menjadi Beberapa Tujuan Kecil

Salah satu penyebab orang-orang tidak menyelesaikan sebuah tujuan adalah karena sulit untuk memulai, dan seringkali hal tersebut disebabkan karena kita terlalu tertekan dengan hal besar yang ingin dicapai. Kalau kita berencana ingin menabung, misalnya, 20 juta pada akhir tahun, kita bisa membagi nominal tersebut menjadi 1 juta atau 2 juta per bulan. Dalam hal lain, misalnya kita ingin menulis buku pada tahun ini, kita bisa memecahnya menjadi satu bab setiap bulan. Dengan begini, setidaknya kita dapat merasa tidak terlalu berat untuk memulai dan juga tidak tertekan dengan tujuan yang dibuat di awal.

Belajar Dari Tahun Sebelumnya

Barangkali di tahun sebelumnya ada resolusi yang belum sempat diselesaikan, tidak ada salahnya untuk kembali menjadikan resolusi tahun sebelumnya sebagai resolusi tahun ini. Kendala yang kita alami di tahun sebelumnya bisa kita jadikan pelajaran dalam mewujudkan impian-impian kita di tahun ini. 

Self-Reward

Supaya tidak melulu pusing dan lelah mengerjakan segala aktivitas dan kesibukan, coba untuk sesekali memberikan hadiah pada diri kita sendiri. Hadiah ini bisa kita dapat ketika kita sudah menyelesaikan beberapa target. Hadiah ini dapat berupa barang yang bisa kita beli atau sesederhana waktu istirahat yang kita berikan untuk diri kita sendiri, karena taking a break juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga semangat dan energi yang kita punya. Apabila energi kita baik, maka yang kita hasilkan juga akan memberikan pengaruh baik mungkin tidak hanya untuk kita tapi juga untuk orang di sekitarmu.

Ingat Alasan Memulai

Adalah hal yang sangat wajar kalau kita merasa stuck di tengah jalan ketika berusaha menyelesaikan sesuatu. Selain beristirahat sejenak dari aktivitas, coba untuk mengingat kembali apa yang membuat kita ingin menyelesaikan hal tersebut. Motivasi dapat datang dari mana saja, selain dari diri sendiri, motivasi bisa datang dari lingkungan terdekat seperti keluarga, kerabat dekat, atau pasangan, atau bahkan dari impian jangka panjang yang kita miliki sendiri. 

Pada akhirnya, apabila kita tidak percaya pada diri kita sendiri, tidak hanya kita akan kesulitan menyelesaikan banyak hal, namun hasilnya juga tidak akan maksimal dan memberikan kepuasan. Jangan terlalu keras dalam memaksa diri kita untuk menyelesaikan resolusi tahun baru. Jangan terlalu terburu-buru, pastikan kalau hal yang kita lakukan tidak hanya akan membawa manfaat namun juga membuat kita senang selama proses menyelesaikannya.

Previous
Previous

Hindari Burnout Saat Bekerja Dari Rumah

Next
Next

Cerita Roti, Langkah Kopi Kenangan Mengembangkan Bisnis