Waking Up for the First Time: Sebuah Kumpulan Fiksi tentang Kehidupan Manusia

Setelah berhasil menulis 8 buku pada beberapa tahun terakhir ini seperti “The Book of Siblings Series” pada tahun 2016 hingga 2019, penulis dan visual artist Lala Bohang kembali melahirkan buku yang kali ini bertajuk “Waking Up for the First Time”. Buku ini tersebut merupakan buku pertama yang Lala tulis semasa pandemi COVID-19, sebelum akhirnya resmi diluncurkan oleh PT Simpul Aksara Grup pada 23 September 2021.

Dalam buku ke-9 ini, Lala memuat kisah-kisah yang berisikan tentang bagaimana kita sebagai makhluk hidup memiliki kewajiban atau tuntutan yang terbentuk dari banyaknya harapan yang berbeda antara satu sama lain. Keragaman harapan ini menyimpulkan bahwa setiap makhluk hidup tidak bisa disamaratakan karena memiliki cerita kehidupan yang berbeda.

Buku setebal 180 halaman ini secara total berisikan 23 cerita fiksi. Menurut Lala, berbagai karakter di buku “Waking Up for the First Time” bagaikan kepingan puzzle yang saling berkelindan di ruang-ruang terdekat. Setiap cerita dapat memberikan makna kepada pembaca bahwa penyeragaman cerita pada kehidupan merupakan sesuatu yang mustahil.

Lala pun mengajak pembaca yang sudah terlalu lama tidur untuk segera bangun, menyadari, mengenal, menerima, dan berusaha mengatur diri sambil menjalani kehidupan sehari-hari.

Salah satu hal unik dari buku “Waking Up for the First Time” adalah adanya perpaduan antara teks dan gambar ilustrasi atraktif hasil dari goresan tangan penulis sendiri sebagai pemanis yang mengambil peran besar dalam penyampaian cerita agar mudah dipahami oleh pembaca. 

Melalui kehadiran karakter-karakter yang ada di buku “Waking Up for the First Time”, Lala ingin menyampaikan pesan kalau kenyataan di dalam hidup tidak selalu ideal. Ada prinsip kausalitas, sebab-akibat, yang membentuk dan menadi warna pembeda antara satu sama lain. Pada akhirnya, hal itulah yang menjadi nyawa utama buku ini.

Previous
Previous

Thrift District: Cool Items Tak Selalu Harus Baru!

Next
Next

Di Balik Pemasaran Bisnis Kristal