Membangun Karir Musisi ala Film Variações

Geometry-Lifestyle_Artwork.jpg

Variações adalah film produksi Portugal tahun 2019 yang disutradarai oleh João Maia. Menjadi film yang paling banyak ditonton oleh orang-orang Portugal pada tahun ini, film ini bercerita tentang jatuh-bangunnya karir António Variações, penyanyi pop terkenal pada tahun 80-an. Film diawali dengan bagaimana António, seorang penata rambut, jatuh cinta ke dunia musik dan berusaha untuk menjadi penyanyi. Berawal dari menyanyi di kafe, merekam suaranya sendiri menggunakan tape recorder, lalu dibumbui dengan sejumput passion dan keberanian, ia berhasil bertemu seorang produser yang tertarik untuk merekamkan lagu untuknya dan mengorbitkannya ke publik. 

Tanpa konflik, perjuangan serasa hambar. Perjalanannya untuk membuat album di bawah naungan label tidak kunjung tiba. Berkali-kali ia bertanya mengenai kepastian lagunya, berkali-kali juga Ia tidak menemukan jawaban yang pasti. Tapi, kegigihan António tidak patah saat itu juga. Ia terus berkarya sambil menempa semua halangan yang dihadapinya hingga akhirnya ia bisa menjadi legenda pop Portugal di dekade 80’an. Berikut adalah tips berkarir yang bisa kita ambil dari film Variações:

1. Orisinalitas Menjadikanmu Berbeda

Jutaan branding baik perorangan maupun perusahaan sudah ada di dunia ini. Banyak sekali karakteristik brand baik personal maupun tidak dengan karakter yang sejenis dan susah untuk dibedakan. Lantas, apa yang bisa kita lakukan? Menciptakan citra dan persona yang orisinal dan otentik! Orisinalitas membuat suatu brand atau karakter menjadi terlihat di antara jutaan karakter atau brand lainnya dan otentisitas yang menjaga mereka untuk setia dengan karakter ataupun brand tersebut. Mengapa? Karena mereka tidak bisa menemukan citra tersebut di persona/brand lainnya, hanya milikmu seorang!

António mempunyai citra yang orisinal dan otentik, tapi sayang, produsernya nampak tidak setuju dengan citra yang ingin ia bangun sebagai penyanyi pop rock. Rock yang identik dengan gaya punk dan warna monokrom, diberi warna-warni oleh António. Apalah daya, warna warni ini tidaklah mudah untuk diraih sehingga António harus mengambil tindakan sendiri, bermodalkan cita dan kenekatan. Alhasil, António berhasil menjadi penyanyi pop rock yang ia damba-dambakan. 

Eksplorasi dan riset menjadi penting saat kamu mencari orisinalitas dan autentisitas. Dengan mengeksplorasi, kamu menjadi semakin tahu bagaimana caranya persona dan brand menjadi berbeda dengan yang lainnya. Tentunya hal ini juga perlu didukung dengan hasil riset yang menjadikannya semakin otentik!

Eksplorasi dan riset menjadi penting saat kamu mencari orisinalitas dan autentisitas.

0. Variacoes_Source The Open Reel_Still02.jpg

2. Selalu Siapkan Rencana Cadangan

Memulai sebuah karir tidaklah mudah. Terutama, bagi kamu yang ingin berwirausaha atau menjadi penyanyi seperti António. Pondasi dari sebuah karir adalah modal, baik secara fisik seperti uang dan peralatan yang memadai, ataupun non-fisik seperti bakat dan kemampuan untuk melakukan sesuatu. Rencana cadangan menjadi penyelamat di saat kamu membangun karir, karena rencana tidaklah selalu berjalan sesuai dengan kehendak kita. 

Sebelum menjadi legenda pop rock, António menjadi penata rambut di salon milik temannya ketika siang dan menjadi penyanyi kafe ketika malam sambil mengasah kemampuan menyanyi dan penampilannya. Dengan begini, ia dapat membangun karir yang ia mau dan membiayai prosesnya. Bahkan, ketika António sudah menjadi penyanyi terkenal, ia tetap sesekali menjadi penata rambut. 

Dengan menyiapkan rencana cadangan seseorang juga dapat belajar untuk mengembangkan skill lainnya yang sebaiknya kamu miliki dalam proses membangun karirmu. Hal ini akan menjadi nilai tambah untukmu. Tidak hanya bernyanyi, António pintar menata rambut dan penampilan, sehingga ia menjadi stand out diantara penyanyi lainnya.

Variacoes_Source The Open Reel_Still01.jpg

3. Menjadi Professional: Hindari Sentimen Pribadi!

Salah satu hal yang sulit untuk dipelajari oleh banyak orang adalah membedakan mana urusan pekerjaan dan mana urusan pribadi. Memang, terkadang urusan pribadi bisa mendatangkan dan menumbuhkembangkan pekerjaanmu. Tapi, tak jarang juga urusan pribadi bisa membuat karirmu berhenti. Atau kerap kali, urusan pekerjaan tercampur dengan urusan pribadi sehingga hidupmu adalah pekerjaanmu. Tidak menyenangkan bukan?

Variações memperlihatkan dan memberi pesan yang implisit tentang bagaimana kita sebagai manusia yang memegang kendali penuh atas karir yang ingin kita ciptakan untuk bisa membedakan mana urusan pekerjaan dan mana urusan pribadi. Di saat António membutuhkan uang, Fernando, rekan lama António membantunya dengan cara mempekerjakannya sebagai penata rambut di salon barunya. Namun, sentimen masa lalu yang melekat di antara mereka berdua menjadi tantangan yang harus mereka hadapi dan taklukan. Apabila hal ini tidak bisa dihadapi, bisa-bisa karir António menjadi terancam. 

Kadangkala ada saatnya kita lalai sehingga kedua urusan ini bercampur di waktu yang bersamaan. Fokus terhadap impian atau tujuanmu dalam bekerja bisa menjadi salah satu motivasi untuk kamu belajar membedakannya. Sama seperti António, yang fokus dengan ambisinya menjadi penyanyi terkenal sehingga ia tidak membiarkan hal-hal pribadi menghancurkan karirnya. 

Previous
Previous

Bisnis Sendiri atau Dengan Mitra?

Next
Next

Modern Mysticism: Menyingkap Potensi Bisnis Klenik