Kado Lebaran Dompet Dhuafa: Jaga Semangat Hari Raya Masyarakat Pulau Bawean

Ramadan tentu jadi bulan penuh berkah, saat di mana kita mulai kembali menjalin hubungan baik dengan Tuhan dan juga orang-orang di sekitar. Terlebih menjelang libur lebaran dengan semangat untuk merayakan hari kemenangan bersama orang-orang tersayang di kampung halaman.

Sayangnya hal mengejutkan harus dirasakan oleh masyarakat di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada hari Jumat (22/3/2024). Wilayah tersebut merasakan gempa dengan kekuatan 2,5 magnitudo hingga 6,5 magnitudo. Dilansir dari laman CNBC Indonesia, hingga Kamis (4/4/2024) sudah terjadi 477 kali guncangan di daerah Bawean. Fasilitas umum di Pulau Bawean meliputi sekolah, masjid, mushala, kantor, rumah dinas, pondok pesantren, puskesmas, dan pasar pun rusak terdampak gempa.

Anita, salah seorang penyintas gempa di Pulau Bawean, mengungkapkan bahwa saat awal mula guncangan terjadi, ia sedang bersantai bersama anak perempuannya. Saat gempa terasa, mereka langsung berlari ke luar rumah menuju area yang aman dari kemungkinan reruntuhan bangunan. Selepas kejadian tersebut, sebagian besar warga harus mengungsi dan melakukan aktivitas mereka sehari-hari, termasuk ibadah di bulan suci ini, di pos-pos pengungsian.

“Ada sedihnya ada senangnya di tenda pengungsian. Sedihnya kita tidak ada di dalam rumah. Kita berbuka puasa dan solat tidak di dalam rumah, tapi di tenda pengungsian. Senangnya kita bisa berkumpul bersama saudara-saudara yang jauh di sini. Itu senangnya,” ujar Anita.

Melihat tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat Pulau Bawean menjelang Idul Fitri, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa hadir melakukan aksi kemanusiaan untuk membantu masyarakat dengan mendistribusikan 40 paket kado lebaran pada Selasa (2/4/2024).

Setiap paket kado lebaran berisikan sembako yang meliputi beras, minyak goreng, gula, tepung, ikan sarden, dan bahan pokok lainnya. Kado lebaran didistribusikan di dua titik. 30 paket hadiah disalurkan di Dusun Dedawang, Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak dan 10 paket lainnya di Dusun Batu Lintang, Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak.

Hingga laporan terkini, tim DMC Dompet Dhuafa menyajikan data mengenai kondisi dua kecamatan terdampak yakni Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak dengan total penyintas anak-anak 10.109 jiwa, dewasa 18.543 jiwa, lansia 4.995 jiwa. Menanggapi hal ini, berbagai kegiatan bantuan telah dilakukan meliputi pendirian dapur umum di pengungsian Dusun Dadawang, Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak dan Desa Gelam, Kecamatan Tambak.

“Kami juga mendistribusikan susu UHT di pengungsian Dusun Dedawang, ada 20 jiwa penerima manfaatnya. Kemudian distribusi paket selimut, sarung dan sandal di pengungsian Dusun Dedawang dan layanan berbagi takjil di pengungsian Dusun Dedawang,” lapor Taqi Falsafati tim Respons DMC Dompet Dhuafa di Pulau Bawean dalam laporan tertulisnya.

Menjelang hari raya yang ditunggu untuk saling berjumpa dan bersuka cita, mari sama-sama berikan dukungan dan semangat bagi teman-teman penyintas gempa bumi di Pulau Bawean agar dapat menyambut lebaran dengan harapan baru. Bersama-sama kita bisa bangkit dan membangun kembali kehidupan yang lebih baik. Semoga kekuatan dan harapan selalu menyertai mereka dalam menghadapi masa-masa sulit ini.

Previous
Previous

Art Jakarta Gardens 2024 Kembali Hadir dengan Ragam Karya Seni Memukau

Next
Next

Nggak Perlu Khawatir Mudik Tahun Ini, Ada Pos Mudik Ramah Keluarga Dompet Dhuafa