Geometry Selects: Rekomendasi Film Studio Animasi Ghibli

Studio Animasi Ghibli siapa, sih, yang nggak tahu Studio Ghibli? Rumah produksi dari Jepang ini sudah menghasilkan banyak sekali film animasi (anime) yang tak hanya membekas diingatan, namun juga menggugah perasaan. Kamu mungkin juga cukup familiar dengan lagu-lagu soundtrack khas Ghibli.

Studio animasi satu ini sudah banyak menghasilkan karya film animasi dengan banyak penggemar. Seperti, Spirited Away, My Neighbor Totoro, Howl's Moving Castle, dan masih banyak lagi. Dalam Geometry Selects kali ini, setidaknya ada 5 karya Ghibli yang harus kamu tonton!

Only Yesterday

Anime yang rilis pada 1991 ini menceritakan tentang Taeko, wanita berumur 27 tahun yang mengalami dilema lantaran dipaksa menikah oleh sang keluarga, padahal Taeko ingin fokus berkarir. Dilema ini membawa Taeko mengambil keputusan untuk cuti dan melakukan perjalanan ke desa. Selama di desa, pergulatan batinnya memunculkan inner child Taeko yang selama ini terpendam.

The Wind Rises

Film animasi yang diadaptasi dari cerita pendek karya Tatsue Hori ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Animasi ini berlatar pada zaman perang, menceritakan tentang Jiro Horikoshi yang bermimpi untuk membuat pesawat terbang. Dalam perjalanan Jiro merealisasikan mimpinya, tentu tidak sendirian, kisah cinta Jiro dan Naoko mempermanis jalan film ini. 

Jika Only Yesterday bercerita tentang kehidupan dewasa yang masih terikat dengan innerchild dan The Wind Rises mengisahkan terkait impian dengan bumbu romansa, selanjutnya ada film yang mengisahkan kisah romantis masa SMA.

From Up On Poppy Hills

Film animasi ini mengisahkan tentang kisah romantis dua anak SMA, namun tidak terkesan cheesy karena kisahnya terasa hangat, ditambah sedikit konflik yang semakin membawa cerita menjadi menyenangkan. Mengambil latar waktu sekitar era 60-an di Jepang, film satu ini memberikan menggambaran pasca perang serta perjuangan aktivis muda yang berusaha membatalkan pembangunan di daerah tempat tinggal mereka. Alur awal From Up On Popy Hills mungkin terkesan lambat, tapi ini memberikan sajian yang lebih realistis di sepanjang film ini. 

Whisper Of The Heart

Masih dengan kisah romantis ala Ghibli. Whisper Of The Heart menceritakan tentang pertemuan Shizuku dan Seiji saat liburan musim panas. Dimulai dari pertemuan pertama di perpustakaan, hingga pertemuan tidak terduga karena seekor kucing. Kisah cinta kedua remaja ini berjalan dengan apik, ditambah visual Ghibli yang tak perlu diragukan lagi.

Grave of Fireflies

Judul ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para penikmat film, berbeda dengan 4 film sebelumnya yang terdapat bumbu romansa. Film animasi ini mengambil latar saat berperang, mengisahkan tentang kakak beradik Seita dan Setsuko yang harus bertahan hidup ditengah kesulitan. Siapkan tisu, karena film ini akan menguras air mata.

Itu dia rekomendasi lima film dari studio animasi Ghibli yang bisa jadi pilihan kamu saat menghabiskan akhir pekan di rumah. Kalau kamu punya rekomendasi film animasi dari studio Ghibli lainnya jangan lupa komentar di bawah, ya!

Previous
Previous

#BanggaIlustratorLokal: SOVLO Buka Peluang Kolaborasi Seluas-Luasnya dengan Ilustrator

Next
Next

Dere: Bersuara Lewat Musik