Festival Sinema Prancis Ke-25 Bawakan Tema “Palme d’Or”

Festival Sinema Prancis (FSP) telah diselenggarakan sejak tahun 1996 oleh Institut Prancis Indonesia. Pada tahun ini, FSP kembali hadir dalam edisi ke-25 dengan mengusung tema “Palme d’Or” —salah satu penghargaan perfilman paling bergengsi di dunia. Penghargaan ini juga diberikan setiap tahun oleh juri Festival Film Cannes sebagai simbol keunggulan dan memberikan ketenaran dunia bagi film yang mendapatkan penghargaan tersebut. Tema ini diambil sebagai bentuk merayakan keberagaman dan kreativitas sinema Prancis yang telah mencetak prestasi di panggung internasional.

Festival Sinema Prancis 2023 akan menayangkan lebih dari 20 film Prancis dengan berbagai genre dan berlangsung mulai dari tanggal 17-26 November 2023 yang dilaksanakan secara hybrid di 14 Kota di Indonesia, sedangkan dari tanggal 20-26 November 2023, 10 film akan tersedia secara gratis di platform KlikFilm dengan disertai subtitle dalam bahasa Indonesia.

Pemilihan film diambil dari beberapa film yang mendapatkan penghargaan di Festival Film Cannes atau festival besar di Eropa lainnya. Semua film tersebut akan dipresentasikan selama edisi ke-25 FSP, yang bertujuan untuk merayakan ambisi, kekuatan, dan keberagaman bentuk-bentuk penyutradaraan yang membuat sinema Prancis bersinar.

FSP tahun ini akan dibuka dengan penayangan film Animal Kingdom (2023) dan akanditutup dengan pemutaran perdana film The Three Musketeers: D’Artagnan (2023) pada tanggal 26 November di 7 kota; Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Bali.

Festival ini tidak hanya memutarkan film-film, tapi juga akan diadakan Masterclass, Diskusi “Creative Talks”, dan Lokakarya yang dipandu oleh para profesional Prancis dan Indonesia di industri perfilman. Mulai dari Thomas Cailley, Paul Kircher, Julie Lecoustre, Emmanuel Marre, dan masih banyak pembicara menarik lainnya yang akan berpartisipasi dalam diskusi, serta memandu lokakarya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jadwal pemutaran film dapat diakses dengan mengunjungi website www.ifi-id.com dan Instagram @ifi_indonesia.

Previous
Previous

SPOTLIGHT Indonesia 2023 Hadirkan Lebih dari 100 Desainer dan Jenama Tanah Air dalam “Culture: Then and Now”

Next
Next

Rayakan Perjalanan Self-Worth: JPAC Gandeng Seniman Lokal untuk Teater Musikal “Legally Blonde”