Decoding Gen Z: Spotify for Immersive Music Experiences

Kemajuan teknologi memberikan generasi saat ini kebebasan dalam menikmati musik tanpa batasan waktu dan tempat. Kemudahan tersebut telah mendorong minat Gen Z terhadap dunia musik. Hal ini terungkap dari data dalam riset Indonesia Gen Z Report 2024 yang menunjukan perilaku mendengarkan musik para Gen Z, mulai dari platform musik favorit, genre musik yang paling populer, hingga musisi favorit.

Perbandingan Platform Streaming Musik Favorit Gen Z, Spotify Tetap Unggul

Spotify masih memimpin popularitas sebagai platform streaming musik di kalangan Gen Z karena pendengarnya dapat menggunakannya secara gratis dengan iklan maupun berbayar. Menariknya, YouTube yang berada di peringkat kedua mengalahkan YouTube Music yang berfokus pada audio. Hal tersebut disebabkan karena akses gratis ke YouTube yang mencakup iklan dan banyaknya paket data internet khusus YouTube, sedangkan YouTube Music hanya tersedia bagi pelanggan YouTube Premium saja.

Pop Mendominasi Genre Musik Gen Z, Diikuti oleh K-Pop

Genre musik favorit Gen Z masih didominasi Pop, berdasarkan 59% responden, lalu di peringkat kedua terdapat K-Pop sekitar 14%. Peningkatan popularitas K-Pop dikaitkan dengan berkembangnya minat pada budaya Korea, khususnya di Indonesia.

Menariknya, jika selama ini ada stereotip umum yang mengaitkan pendengar K-Pop didominasi oleh perempuan, hasil riset Indonesia Gen Z Report 2024 mengungkapkan bahwa peminat dari genre ini dari kedua jenis kelamin.

Generasi Z telah mengintegrasikan musik ke dalam rutinitas harian mereka, seringkali mereka terlibat dalam penemuan musik dengan mengandalkan rekomendasi musik yang diberikan oleh platform streaming.

Musisi Favorit Generasi Z dari Dalam Negeri hingga Mancanegara

Musisi tanah air yang digemari oleh Gen Z Indonesia, mulai dari Nadin Amizah, IDGITAF, Ardhito Pramono, Isyana Sarasvati, dan JKT 48. Untuk musisi internasional favorit Gen Z, ada Ariana Grande, Dua Lipa, Billie Eilish, Shawn Mendes, hingga Sam Smith.

Berbeda dengan K-Pop, Generasi Z memutuskan minat mereka terhadap idol-idol group favoritnya, mulai dari NCT127, Aespa, Le Sserafim, Akmu, hingga solo idol dari Kang Daniel.

Previous
Previous

“UNDESIGNED!” Suguhkan Perjalanan ke Dalam Kreativitas Multidisipliner

Next
Next

Geometry Selects: Rekomendasi Podcast Horor Yang Bisa Menghantui Malammu