Cara Bijak Gunakan Fitur Pay Later

“Buy Now, Pay Later” merupakan istilah yang sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Istilah pay later populer di tengah masyarakat belakangan ini. Hampir semua e-commerce dan platform pembayaran online kini menawarkan fitur pay later yang bisa digunakan oleh para konsumennya dengan mudah tanpa proses pengajuan yang ribet.  Apakah kamu salah satu pengguna fitur pay later?

Walaupun tidak sedikit pro dan kontra akan fitur ini, sebenarnya sah-sah saja menggunakan fitur pay later untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan atau hal lainnya. Tapi apakah kamu sudah paham bagaimana cara menggunakan fitur pay later tersebut secara bijak agar tidak mendatangkan masalah keuangan kamu nantinya?

Pay later memang bisa membantu kamu lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan, tapi juga bisa menjadi sumber masalah keuangan kamu. Untuk itu, Geometry merangkum beberapa tips untuk kamu bijak dalam menggunakan pay later!

Cermati syarat dan ketentuan yang berlaku

Sebelum menggunakan fitur pay later, kamu harus memahami syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh penyedia fitur pay later. Cermati mulai dari suku bunga, skema cicilan, jangka waktu, hingga besaran denda yang sudah ditetapkan.

Gunakanlah sesuai dengan kemampuan

Perhitungkan dan pikirkan dulu sanggupkah kamu membayar tagihan dengan beban biaya tambahan yang sudah ditetapkan, bisakah kamu membayarnya dengan tepat waktu. Jika kamu merasa kesulitan atau tidak sanggup ada baiknya urungkan niat untuk menggunakan fitur pay later.

Kenali kebutuhan, tentukan skala prioritas

Manfaatkan fitur pay later hanya untuk memenuhi hal yang benar-benar kamu butuhkan atau pada kondisi darurat. Tentukan skala prioritas kamu, hindari menjadi konsumtif dengan tidak menggunakan pay later untuk sesuatu yang tidak kamu butuhkan. 

Segera lunasi tagihan sebelum jatuh tempo 

Lunasi tagihan pay later kamu sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan membayar. Selain itu, tidak disiplin membayar tagihan juga dapat memengaruhi nama kamu di sistem layanan informasi keuangan. Jangan sampai nama kamu ternodai karena terlambat melunasi pay later.

Ya, fitur pay later dapat memberikan manfaat apabila kamu menggunakannya dengan bijak. Dampak baik atau buruknya fitur pay later tergantung bagaimana kamu menggunakannya. Oleh karena itu, pastikan alasan kamu menggunakan fitur pay later benar-benar bertujuan untuk membantu kamu, dengan dibarengi kemampuan kamu dalam melunasinya, jangan sampai terjebak dan berujung hilang kendali, ingin untung malah jadi buntung. Yuk, bijak menggunakan pay later!

Previous
Previous

Kapan Bisnis Kita Butuh Rebranding?

Next
Next

Geometry Selects: Rekomendasi Novel Untuk Teman Akhir Pekan