Bisnis Produk Sehat Untuk Anabul

Ketika memutuskan untuk memiliki anabul alias anak bulu, kita kerap kali menyepelekan kehadiran produk-produk pelengkap dalam mengurus hewan peliharaan. Mulai dari makanan, asal yang mudah dibeli di pasaran, hingga perlengkapan alat mandinya.

Semenjak pandemi, tren memelihara hewan di rumah ternyata juga melonjak. Weforum.org, mencatat adopsi kucing dan anjing naik sebanyak 250% per April - Mei 2020. Hewan peliharaan menjadi teman ketika kita harus menghabiskan waktu di rumah saja selama dua tahun terakhir.

Sebagai pemilik hewan peliharaan, tentunya harus juga memerhatikan pertumbuhan anabul kita. Perhatian yang harus diberi secara maksimal ini menghadirkan local brands khusus pet products yang sangat inovatif.

Seraf Pet Wellness

Seperti Seraf Pet Wellness yang hadir diawal 2022 kemarin. Brand yang masih tergolong baru ini menyediakan produk pet wellness yang sustainable—natural, ramah lingkungan dan aman bagi hewan itu sendiri.

Kehadiran Seraf tak jauh dari keresahan sang founder, John Brave Seraf, terhadap produk-produk untuk hewan yang masih menggunakan harsh chemical dan tentunya berbahaya bagi hewan dan lingkungan.

Proses develop, trial & error yang dilakukan pun memakan waktu selama satu tahun. Tentunya, menghadirkan produk untuk hewan tidak lepas dari menarik perhatian para pemiliknya.

Selain menghadirkan produk yang natural dan ramah lingkungan, Seraf menyasar pasar orang tua anabul yang peduli dengan isu-isu lingkungan, untuk mendukung itu Seraf menyuguhkan produk pet wellness  dengan packaging yang menarik pula.

“Memang nggak bisa dipungkiri ya, pets product itu kita buat pasti untuk menarik ownernya, jadi memang selama satu tahun terakhir itu aku bener-bener mikirin supaya bisa mendeliver product yang aku buat dengan natural ingredient itu bisa sampe ke pet owner yang memang behaviour nya itu care about environment,” ungkap John.

Menurut John sendiri, range usia yang disasar justru tak tentu. Sebab, tak sedikit pet owners diusia 40 keatas yang mungkin tidak memahami produk-produk untuk anabul selain yang dijual di pet shop umumnya, namun mereka memiliki anak diusia 20-an yang lebih sering eksplor ragam perlengkapan perawatan bagi anabul.

YUYU Nomnom

Selain Seraf Pet Wellness, ada pula YUYU Nomnom. YUYU Nomnom menyajikan snack rumahan untuk hewan peliharaan. YUYU hadir dari keseharian sang owner, Evelyn Tjioe.

Evelyn mulanya menggunakan baking sebagai pelepas penat dari pekerjaan sehari-hari, kemudian karena memiliki anjing bernama Haru (biasa disapa Yuyu), Evelyn memasak untuk makanan Yuyu sebagai opsi alternatif yang lebih sehat sekaligus menjalankan hobinya. 

Berangkat dari hobi, hasil makanan rumahan untuk anabul milik Evelyn kemudian dibeli oleh orang terdekat., Evelyn mengakui jalannya YUYU Nomnom lantaran dukungan dari komunitas hewan yang memiliki kebiasaan untuk memberi hadiah untuk pet owner lainnya.

“Mereka itu punya kebiasaan untuk gifting, jadi kaya misal birthday dog nya dirayain, atau misalnya ada new dog dirumah, jadi mereka celebratingnya itu kaya banyak eventnya. Karena produk YUYU Nomnom ini mungkin menurut mereka lucu, unik, terus gambarnya lucu jadi ngebuat produk YUYU Nomnom ini laku gitu, jadi kan kesebar gitu lewat giftnya,” terang Evelyn.

Terlepas dari inovasi keduanya, kesulitan yang dimiliki Seraf dan Yuyu cenderung sama, yaitu price point menjadi alasan para orang tua anabul ini mengurungkan diri untuk membeli produk mereka. Harga yang di rasa pricey bila dibanding dengan perkakas anabul di pasaran oleh para konsumen, menjadi alasan para pet owner menunda untuk mencoba produk Yuyu dan Seraf. Meskipun begitu, hal ini digunakan oleh Seraf dan YUYU Nomnom untuk kembali mengedukasi para pet owner akan kualitas produk yang mereka hasilkan.

Previous
Previous

WHY: Eksplorasi Ide dan Medium Seni

Next
Next

Bagaimana Cara Membagi Waktu Bagi Orang Tua Yang Berbisnis?