KAPAS: Tumpang Sari, Koleksi Terbaru dari SukkhaCitta

SukkhaCitta, sebuah jenama fesyen lokal yang memberdayakan para pengrajin dan petani perempuan di desa-desa Indonesia guna menjaga kelestarian tradisi dan regenerasi bumi. Menghadirkan konsep “Farm-to-Closet”, SukkhaCitta memanfaatkan hasil alam untuk menjadi pakaian berkualitas dengan desain yang versatile dan tahan lama serta bertanggung jawab untuk tidak mencemari lingkungan.

Spesial bulan Ramadan, SukkhaCitta hadirkan koleksi terbaru bertajuk KAPAS Tumpang Sari guna mendorong mindful consumption di bulan yang penuh suci ini. Koleksi ini, menggunakan bahan KAPAS yang telah dirawat oleh para petani dan ditanam dengan metode tumpang sari. SukkhaCitta ingin mengajak masyarakat untuk menjadi lebih mindful dan bijak berkonsumsi, salah satunya dalam memilih pakaian, yang dapat mengubah segala bagian dari kehidupan.

Desainer SukkhaCitta, Anastasia Setiobudi, menghadirkan beragam busana dan aksesoris yang terinspirasi dari masa kecilnya. Dengan paduan bahan kapas yang lembut dan kerajinan bordir tangan, koleksi KAPAS Tumpang Sari terasa personal dan spesial.

“Koleksi kali ini merupakan pengembangan dari koleksi KAPAS kami sebelumnya, dimana setiap helai akan menceritakan interpretasi dari perjalanan kilas balik dan kenangan seorang Ibu dan Nenek. Harapannya, setiap piece dari koleksi ini dapat diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya, layaknya seperti kehangatan seorang nenek atau ibu dalam keluarga yang mewariskan tradisi dan kasih sayang,” ujar Anastasia.

Melalui proses farm-to-closet, pembuatan koleksi KAPAS ini sarat makna dengan menghargai tiap tahap siklus produksi; memakan waktu hingga 180 hari, mulai dari menanam dan memanen kapas hingga ke proses menjahit sampai menjadi helaian pakaian. Kapas yang ditanam secara tumpang sari bersama dengan 24 jenis tanaman lain juga turut menghidupi ekosistem baru yang dapat menyembuhkan bumi, mendukung keanekaragaman hayati, hingga menjadi sumber pangan.  

Sebagai bagian dari peluncuran koleksi ini dan melanjutkan wisdom dari pameran Kapas pada Mei 2022 silam, SukkhaCitta menggelar pameran instalasi KAPAS Tumpang Sari yang menampilkan sejumlah proses dan dampak pembuatan pakaian, serta kehangatan hasil karya para petani dan pengrajin lokal dalam bentuk pakaian.

Pameran instalasi KAPAS Tumpang Sari oleh SukkhaCitta dapat dikunjungi di Ashta District 8 Jakarta mulai dari tanggal 30 Maret 2023 hingga 30 April 2023. Menikmati setiap balutan memori indah yang begitu berharga, agar kembali terkoneksi dan menghargai setiap hal dalam hidup. Saatnya untuk meningkatkan kesadaran dan memulai hubungan baik dengan alam. 

Previous
Previous

Tahun Ke-3 USS YARD SALE, Kembali Suguhkan Diskon Besar-besaran

Next
Next

Diorama Creative Market: Pop-Up Market, Creative Workshop, Talkshow hingga Mini Exhibition Buat Kamu Warga Bandung