Harga Terjangkau dan Mudah — Gen Z Lebih Suka Nonton Streaming Online

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, budaya menonton melalui layanan streaming telah mengubah lanskap hiburan secara signifikan. Tidak hanya berlaku untuk generasi milenial, tetapi juga generasi Z. Gen Z cenderung memilih platform streaming karena harganya yang terjangkau, memberikan kenyamanan, serta kemampuan untuk melakukan binge-watching.

Nah, berdasarkan riset yang digelar IDN Research Institute dengan judul “Indonesia Gen Z Report 2024”, terlihat bahwa mayoritas dari Gen Z, lebih memilih menonton film dan serial melalui layanan streaming, dibandingkan pergi ke bioskop. Survei ini dilakukan dari 29 Mei hingga 19 Juli 2023 lalu, menggunakan metode kuantitatif ke 602 responden di 10 kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, dan Makassar.

Ini dia beberapa aspek yang mempengaruhi perilaku menonton film para Gen Z, mulai dari OTT (Over-The-Top), pilihan platform streaming tergantung usia, genre dari film, aktor & aktris, serta film-film yang populer tahun 2023.

  • 65% Gen Z Lebih Memilih Menonton Film dan Serial Melalui Platform Streaming

Mayoritas dari Generasi Z yang mengikuti riset ini, sekitar 65%, lebih cenderung menonton film dan serial di layanan streaming, berbeda dengan 22% yang masih memilih pengalaman untuk pergi ke bioskop. Faktor utama Gen Z memilih menonton film lewat OTT karena dipengaruhi dari harganya yang lebih terjangkau.

Sebab dari itu, pergi ke bioskop sering melibatkan pengeluaran lain yang melampaui harga tiket, seperti snack, transportasi, hingga biaya parkir yang dapat membebani anggaran mereka. Tidak hanya itu, Gen Z juga ingin menghindari spoiler dan rasa takut ketinggalan (FOMO), seringkali cenderung menggunakan platform streaming untuk mengejar tayangan atau film yang ingin ditonton.

  • Beda Pilihan Platform Streaming: Generasi Z Unggulkan Netflix

Perbedaan yang sangat signifikan terjadi antara Generasi Z yang lebih muda (usia 11-15) lebih memilih Disney+, sedangkan kelompok yang lebih tua (usia 16-26) cenderung lebih menyukai Netflix.

Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis konten yang ditawarkan oleh masing-masing platform. Disney+ dikenal dengan konten yang ramah keluarga, sementara Netflix menawarkan berbagai konten dari berbagai usia.

Peningkatan minat terhadap platform streaming juga dikaitkan dengan banyaknya pengusaha kecil yang menawarkan berbagi akun pada layanan streaming tersebut, sehingga menarik perhatian bagi Generasi Z karena dapat berlangganan dengan biaya lebih terjangkau.

  • Action & Drama Mendominasi Genre Favorit Generasi Z

Genre yang paling disukai Gen Z bergantung pada gender, 43% laki-laki dan 16% perempuan lebih memilih film action. Disisi lain 29% perempuan cenderung menyukai genre drama, dan 24% cenderung ke arah romance, sementara hanya 11% laki-laki yang menikmati drama dan hanya 7% yang menyukai romance.

Meski begitu, laki-laki dan perempuan Gen Z sepakat soal genre komedi, horor, dan science fiction karena selisih dari ketiga genre tidak jauh berbeda.

  • Aktor dan Aktris Favorit Generasi Z

Setiap generasi memiliki idola yang digemari, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Terlihat bahwa para aktor dan aktris muda Indonesia menempati puncak sebagai yang terfavorit. Nama-nama seperti Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Shenina Cinnamon, Aghniny Haque, hingga Maudy Ayunda yang dikenal baik atas aktingnya maupun citra positif sebagai sosok yang berpendidikan. Tren serupa terlihat pada bintang Hollywood yang menjadi favorit Generasi Z, seperti Tom Holland, Zendaya, Jenna Ortega, Andrew Garfield, dan Margot Robbie.

  • Tren Film & Drama Asia yang Memikat Generasi Z Indonesia

Film-film terbaru mulai dari Barbie, Guardian of The Galaxy Vol.3, Oppenheimer, Elemental, dan The Super Mario Bros, tetap mendominasi preferensi para Generasi Z. Selain menyukai film-film Hollywood, generasi Z juga memiliki ketertarikan yang besar pada serial Asia, terutama drama Korea yang sedang viral atau tren di media sosial, salah satunya adalah The Glory.

Dengan memahami tren dan kebiasan menonton film dapat mengubah pandangan seseorang terhadap dunia hiburan. Maka dari itu, kalian setuju tidak dengan hasil survei yang satu ini?

Previous
Previous

Geometry Selects: Rekomendasi Tempat Hangout di Jakarta Untuk Akhir Pekan

Next
Next

Geometry Selects: Rekomendasi Tempat ‘Work From Cafe’ Untuk Memulai Kembali Aktivitas di Awal Tahun