Berkenalan dengan Bisnis Praktik Astrologi

Geometry-Modern_Mysticism2-02.jpg

Menurut Kevin Santoso, founder Early Theory, praktik astrologi, tarot dan spiritualisme merupakan prospek bisnis yang potensial karena walaupun termasuk kebutuhan tersier, cakupan market dan pengetahuan dasar mengenai industri ini sudah cukup tersebar luas.

Potensi bisnis praktik astrologi

Salah satu materi edukasi astrologi di platform Early Theory.Image Courtesy of Early Theory.

Salah satu materi edukasi astrologi di platform Early Theory.

Image Courtesy of Early Theory.

“Siapa yang tidak tahu sedikit banyak mengenai zodiak mereka? Baik dari mereka yang menganut spiritualisme secara religius, non religius hingga ke segmen pasar yang pragmatis terhadap praktik spiritualisme, industri ini dapat menyediakan kebutuhan untuk semua kalangan karena pada dasarnya saya melihat platform Early Theory dan rekan seprofesi sebagai pusat edukasi untuk pengembangan dan eksplorasi diri. We are not future oriented, we are progress-oriented. Dan porsi besar dari target market kami cenderung datang dari demografi yang berorientasi pada karier dan terfokus kepada proses pengembangan diri. Oleh karena itu, prospek bisnis dari industri ini bisa hampir dipadankan dengan prospek bisnis dalam bidang edukasi alternatif.”, tambahnya melengkapi.

Salah satu visi Kevin saat memulai Early Theory adalah untuk menghilangkan konotasi mistis dari praktik ramal tarot dan spiritualisme di luar cakupan agama. Ia meyakini bahwa masih banyak orang yang sering menyamakan aspek religius dengan aspek spiritual sebab semua agama memiliki nilai spiritual namun tidak semua kegiatan spiritual harus berada di bawah agama. Kesalahpahaman ini seringnya menimbulkan pandangan negatif terhadap praktik tarot, dan pastinya selama menjalani bisnis ini. Kevin pun mengakui telah mengalami segala bentuk kecaman dan penolakan dari masyarakat. Padahal pada dasarnya, yang perlu kita pahami dari mysticism, esotericism, spiritualism, dan astrology adalah bahwa semua ini akan memfasilitasi kita dalam mengenal, mengembangkan dan meraih potensi tertinggi dalam diri kita sendiri.

Kevin melanjutkan, “Dil uar itu, saya melihat jasa dan platform yang saya bangun adalah sebagai alternative holistic therapy yang dapat membantu klien dan komunitas saya menyeimbangkan dan merawat kesehatan mental mereka. Kebanyakan klien datang ke saya karena masalah hidup mereka yang mengganggu kesehatan mental mereka dan tentunya konsultasi psikologi tidak selalu terbuka aksesnya ke semua kalangan terutama dari segi ekonomi. Untuk memahami dan menerapkan astrologi dan spiritualisme dalam hidup sehari-hari adalah untuk memahami bahwa semua yang terjadi di dalam hidup dapat dituntaskan dan dikendalikan oleh niat dan tekad. Tentunya ini akan memberikan dampak yang luar biasa positif terhadap masyarakat luas.

Strategi branding praktik astrologi

Sementara untuk melancarkan strategi branding, dari awal Kevin sudah melakukan analisis pasar yang menekankan bahwa bisnis ini tidak sekadar berorientasi terhadap produk dan jasa melainkan pada komunitas dan support system yang kolektif. Oleh karena itu, kebanyakan brand value dari Early Theory difokuskan pada interaksi komunitas melalui pembacaan ramalan live secara mingguan.

Mengetahui ini termasuk kebutuhan tersier, Early Theory mengedepankan esensi testimoni dan kekuatan dari mulut ke mulut (word of mouth) serta uji coba demi melihat ketertarikan pasar. Barulah setelah itu Early Theory memusatkan upaya pembuatan konten yang engaging. Kevin menyatakan bahwa sejauh ini beriklan di media sosial masih cukup minim dilakukan. Begitu pula dengan pemasaran karena fokus Early Theory adalah menyebarkan konten yang edukatif dan informatif ketimbang memasarkan jasa yang ditawarkan.

Kurasi produk dan layanan

Salah satu produk Early Theory yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas kerja.Image courtesy of Early Theory.

Salah satu produk Early Theory yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Image courtesy of Early Theory.

Dalam proses kurasi, Early Theory mengamati kebutuhan pasar terlebih dahulu. Terutama untuk layanan ramalan tarot. Kevin menjelaskan lebih lanjut, “Kami menyadari banyak ketertarikan terhadap topik percintaan dan karier di awal fase bisnis Early Theory. Oleh karena itu, kami mulai membedakan layanan seperti ‘Mencari Jodoh’ dan ‘Dia dan Diriku’ untuk pembahasan percintaan dan ‘Business Reading’ untuk pembahasan karier. Di luar itu, kami juga menyadari meningkatnya ketertarikan pasar terhadap spiritualisme secara umum, dan dari situ juga kami lahirkan ramalan ‘Spirit Animal’ dan ‘Past Life’.”

Selain ramalah, terdapat produk kristal yang Early Thepry hadirkan dan kurasi bersama dengan sister company mereka di Toko Mejik, yang fokus pada calon pelanggan dengan kebutuhan produk kristal untuk manfaat spiritual, bukan sebagai keperluan estetika. Oleh karena itu, untuk sekarang Toko Mejik menitikberatkan pada produk berbentuk gelang karena alasan fungsional. “Kurasi jenis kristal disegmentasikan berdasarkan manfaat yang berhubungan dengan jenis chakra yang teraktivasi saat melakukan program dengan kristal tersebut,” tutup Kevin mengakhiri.

Previous
Previous

Waste Not Wasted: Ekspresi Seni dari Limbah Keramik

Next
Next

Hidupkan Kembali Ruang Publik Melalui ICAD 2021