17 Brand Lokal Bergabung dalam Kemeriahan UI Fashion Week 2024
UI Fashion Week 2024 kembali hadir menyapa para penggemar mode tanah air di awal tahun ini. Acara puncak UIFW telah diselenggarakan pada 20 Januari 2024 di Museum Mandiri, Jakarta Barat, mengusung tema “Resilient Threads: Weaving a Conscious Fashion”. Tema ini bertujuan untuk mendorong kesadaran generasi muda akan industri fashion yang berkelanjutan.
Pasalnya, industri fashion memiliki dampak yang sangat besar terhadap lingkungan. Tak bisa dipungkiri, bahwa munculnya fast fashion akan mempengaruhi ribuan fashion items dengan mengikuti tren terbaru, serta berganti dalam waktu yang sangat singkat. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab terbesar polusi limbah fashion.
Fashion Runway UIFW 2024 Terbagi Dalam 4 Segmen
Puncak acara UI Fashion Week 2024 dimeriahkan dengan fashion runway dari 17 brand lokal, hasil karya anak muda, yang terbagi menjadi empat segmen berbeda, yaitu Serenity, Legacy, authenticity, dan Chimerical.
Pada sesi pertama bertajuk Serenity menghadirkan Bata, Cover Me Not, RTW Studio, dan Sevature. Lalu dilanjutkan pada sesi kedua, Legacy, yang menampilkan koleksi mode dari merek Kamdem x NATIVFineLabel, Tjah Ayoe by Riana Kesuma, Studio Ikaten, dan Derma Express × Kursien Karzai.
Selanjutnya, pada sesi ketiga, Authenticity, menghadirkan Noie Studio, Pleatsssi, Bertjorak, dan ESMOD Jakarta. Pada sesi terakhir, Chimerical, UIFW 2024 menyuguhkan penonton dengan koleksi yang memukau dari Andrean NR x Nouvelle, DIBBA, YOVINDA, Lockdowns, dan La Douche Vita.
Selain fashion runway, UIFW 2024 juga menghadirkan deretan tenant bazaar dari berbagai brand lokal, mulai dari brand fashion, food & beverage, parfume, makeup, jewelry, dan masih banyak lagi.
Busana-busana tersebut diperagakan oleh Top 56 yang telah diseleksi oleh 2ICONS sebagai agensi model yang bekerjasama dengan UIFW 2024. 2ICONS mencari wajah-wajah baru yang autentik untuk membawa busana tersebut berjalan di runway UI Fashion Week 2024. Busana yang diperagakan tidak hanya memanjakan mata penikmat fashion saja, namun juga membangkitkan karya brand lokal yang berkontribusi.